fbpx Press "Enter" to skip to content

RS Siloam Semarang Diharap Bisa Atasi Ketimpangan Layanan Kesehatan

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Lippo Group semakin memperluas ekspansi area bisnisnya khususnya bidang kesehatan dengan menanamkan dananya di Semarang sebesar Rp150 miliar untuk membangun Siloam Hospital.

Adanya rumah sakit baru ini diharapkan mampu memperbaiki ketimpangan layanan kesehatan di Semarang khususnya dalam ketersediaan bed rawat inap yang hingga kini masih menjadi persoalan serius di Kota ini.

Seperti diketahui, Lippo Group, memiliki lebih dari 50 anak perusahaan dengan spesifikasi lima area bisnis utama yakni jasa keuangan, properti, pembangunan infrastruktur, bidang industri dan bidang jasa-jasa lainnya, di antaranya adalah rumah sakit (Siloam Hospitals Group).

Karyawannya diperkirakan lebih dari 50 ribu orang. Aktivitas grup ini, selain di Indonesia, juga merambah di kawasan Asia Pasifik, terutama di Hong Kong, Guang Zhou, Fujian dan Shanghai.

CEO Lippo Group, James Riady mengatakan melalui pembangunan Siloam Hospitals Group ini, pihaknya bertekad memberikan layanan trauma dan telemedicine terbaik bagi masyarakat kota Semarang.

Dia menambahkan Siloam Hospitals Semarang diharapkan bisa hadir sebagai bentuk dukungan terhadap Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan pemda setempat yang terus berinovasi dalam memberikan layanan prima kepada masyarakat di bidang kesehatan.

Menurut dia masyarakat saat ini semakin membutuhkan peralatan medis yang canggih dan standar layanan kesehatan yang tinggi seiring dengan perkembangan dan pergerakan populasi.

“Untuk itu, Siloam terus membangun dan membuka rumah sakit di daerah-daerah baru dan memberikan layanan kesehatan profesional berstandar internasional ke wilayah-wilayah yang sebelumnya belum kami layani, salah satunya adalah Semarang,” katanya saat peresmian Siloam Hospitals Gorup di Semarang, Rabu (5/9).

Baca juga : Jalan Sayap Pendukung Flyover Manahan Mulai Dipetakan

James menambakhan untuk yang di Semarang ini adalah rumah sakit Siloam ke-34 dari total Siloam Hospital Group yang telah tersebar di seluruh Tanah Air. Pihaknya menargetkan hingga akhir tahun ini akan menambah 5-6 lagi rumah sakit di daerah- daerah baru.

Selain Instalasi Gawat Darurat (IGD), rawat jalan, rawat inap, medical check up, rumah sakit ini juga menyiapkan layanan bersalin dan kesehatan anak, kamar operasi, farmasi, serta dilengkapi dengan fasilitas medis pendukung seperti CT Scan 64 Slices, X-Ray dan USG 3D.

Selain itu, James menambahkan, rumah sakit ini juga memiliki layanan khusus, yakni Pusat Unggulan Penanganan Nyeri untuk menangani berbagai macam kasus nyeri, seperti nyeri kepala, nyeri tulang belakang, nyeri otot, nyeri lutut, dan nyeri sendi lainnya.

“Khusus untuk memaksimalkan layanan nyeri ini kami lengkapi dengan digital telemedicine yang akan memungkinkan dilakukannya akses atau komunikasi langsung dokter dan pasien atau dokter dengan dokter spesialis lainnya di di jaringan Siloam,” tambah James.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi yang hadir dalam peresmian tersebut mengatakan hadirnya Lippo Group di Kota Semarang membuka pintu investasi perusahaan besar nasional ke Jateng.

Dia meyakini Lippo Group merupakan perusahaan besar, berkualitas, dan profesional. Sehingga diharapkan dengan adanya Siloam Hospital ini akan mampu memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Semarang

“Kami memang butuh sekali investasi di RS karena jumlah bed yang tersedia untuk pasien sangat kurang perbandingannya untuk masyarakat Semarang. Masuknya Lippo. Mudah-mudahan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan bisa ditingkatkan dengan adanya RS Siloam,” kata Hendi.

Hendi menambahkan investasi di Kota Semarang sekarang sedang bergeliat. Dari catatannya di 2010, investasi yang ada di kota lunpia hanya sampai Rp 1 triliun. Namun saat ini hingga investasi sudah beranjak naik hingga mencapai angak Rp 14 triliun di Kota Semarang hingga 2018. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id