Malaysia Resmikan Pusat Layanan Kardiovaskular

layanan kardiovaskular
Bangunan Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur (CVSKL), rumah sakit kardiovaskuler Pertama di Malaysia dirasmikan oleh Perdana Menteri Malaysia Dr Mahathir Mohamad, di Kuala Lumpur | Foto : bharian.com
Mari berbagi

JoSS, KUALA LUMPUR – Pemerintah Malaysia meresmikan pusat layanan kardiovaskular (Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur/CVSKL) pertama di negeri tersebut. Pusat layanan kesehatan jantung tersebut di klaim memiliki perangkat medis berteknologi super canggih.

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad dalam sambutannya mengapresiasi dioperasikannya CVSKL yang menyediakan treatment untuk masalah jantung dengan menggunakan fasilitas kesehatan berteknologi tinggi tersebut.

Dia menambahkan pusat layanan kesehatan jantung tersebut adalah kerja sama pemerintah Malaysia dengan pihak swasta dan ahli medis.

Mahatir berharap adanya pusat layanan kesehatan jantung ini bermanfaat tidak hanya bagi warga Malaysia namun juga untuk dapat membantu warga negara lain yang ingin berobat khususnya terapi masalah cardiovascular.

“Saya mengucapkan selamat, harapannya ini tidak hanya untuk orang-orang Malaysia, namun juga untuk di luar Malaysia dapat datang kesini,” kata Mahathir saat meresmikan CVSKL di Kuala Lumpur, Kamis (16/8), seperti dikutip dari CNN.

CVSKL dimiliki oleh anak usaha Texas Pacific Group (TPG), TE Asia Healthcare yang bekerjasama dengan ahli medis dalam mendanai pusat layanan tersebut. Investasi yang dilakukan termasuk penyediaan perangkat medis berteknologi tinggi, pengembangan strategi bisnis dan sumber daya manusia.

Mahathir berharap kehadiran pusat layanan jantung tersebut juga akan menggerakan sektor pariwisata Malaysia dengan harapan banyak pasien yang berobat datang dari luar negeri Jiran.

Baca juga : Bangsawan Malaysia Sumbang 22 Ekor Sapi Kurban

Lokasi CVSKL sendiri berada di seberang dengan Kuala Lumpur Center, yang menjadi hub untuk transportasi yang juga menyediakan pusat perbelanjaan di dalamnya.

“Sembari berobat, keluarga pasien dapat menginap, berbelanja disini sehingga dapat menggerakkan pariwisata Malaysia,” ujarnya.

Adapun, Mahathir berharap nantinya CVSKL dapat menjadi pusat cardiovascular dan diikuti oleh pusat-pusat layanan kesehatan untuk penyakit lain.

Direktur Utama CVSKL Tan Sri Dato Dr Yahya Awang mengatakan sejak mulai beroperasi dalam 8 bulan terakhir, jumlah pasien yang ditangani centre tersebut sebanyak 9-10% berasal dari luar Malaysia. Dari jumlah itu, mayoritas berasal dari Indonesia.

“Dalam waktu singkat kami telah menangani sedikitnya 10.000 pasien jantung yang melakukan pengobatan disini,” ujarnya.

Detailnya, pihaknya telah melakukan 81 open heart surgeries, 319 vascular surgeries, dan sedikitnya 648 prosedur cardiological seperi angiogram, angiplasties, stents dan prosedur electro physiological. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*