Kemenkes Siagakan 3.910 Pos Kesehatan untuk Pemudik

pos kesehatan
Ilustrasi logo Kemeneterian Kesehatan Republik Indonesia | Foto : instagram hutiny
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Sebanyak 3.910 pos kesehatan disiagakan oleh Kementerian Kesehatan untuk melayani pemudik pada arus mudik dan balik Lebaran 2018. Pos kesehatan Lebaran itu, meliputi fasilitas kesehatan, rumah sakit, puskesmas dan Public Safety Center (PSC) 119.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes Dokter Bambang Wibowo mengatakan jumlah pos kesehatan Lebaran tahun ini jumlahnya meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

“Ada 3.910 pos mudik, atau lebih banyak 84 titik dibandingkan dengan Lebaran pada tahun lalu,” katanya usai Rapat Koordinasi Kesiapan Bidang Kesehatan Tingkat Pusat dan Daerah Menghadapi Lebaran 2018 di Hotel Patra Jasa Semarang, Kamis (31/5) seperti dikutip dari Antara.

Bambang menjelaskan bahwa penambahan pos kesehatan Lebaran itu mengingat adanya penambahan jalur mudik, yakni jalur alternatif, khususnya di jalur selatan sehingga memerlukan pelayanan.

“Jalan alternatif lebih banyak sehingga memerlukan pos kesehatan. Prinsipnya, pos kesehatan ini terintegrasi dengan kepolisian, Dinas Perhubungan, dan berbagai pihak terkait lainnya,” katanya.

Menurut dia, pos kesehatan Lebaran itu tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan yang bersifat kuratif rehabilitatif, tetapi juga pelayanan yang bersifat preventif promotif.

“Misalnya, pos-pos kesehatan ini juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pengemudi angkutan umum, memberikan informasi kesehatan kepada seluruh pemudik, dan sebagainya,” katanya.

Ia mengimbau para pemudik untuk menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya, terutama dalam segi kesehatan, misalnya, tidak memaksakan diri mengendarai kendaraan bermotor jika sedang tidak fit.

“Pemudik bisa juga memeriksakan kesehatannya di pos-pos kesehatan Lebaran yang ada. Kami akan terus sampaikan bagaimana menjaga keselamatan berkendara kepada para pemudik,” katanya.

Selain itu, kata dia, pemudik berkendaraan bermotor harus menyempatkan beristirahat setidaknya 10 s.d. 15 menit setiap 4 jam berkendara untuk melakukan peregangan, selain tidak mengonsumsi obat yang menyebabkan kantuk.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Dokter Yulianto Prabowo menyebutkan setidaknya disiapkan 195 pos kesehatan yang tersebar di wilayah tersebut untuk melayani pemudik.

Ia mengatakan bahwa pos-pos kesehatan itu akan melayani para pemudik selama 24 jam nonsetop dengan sistem tiga sif yang ditangani oleh dokter, tenaga kesehatan atau perawat, dan sopir ambulans.

“Jumlah itu masih bisa bertambah karena belum disinkronkan dengan pos-pos jalan tol yang baru. Kemungkinan, ada penambahan 30 titik sehingga menjadi 225 pos kesehatan,” katanya. (ant/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*