Tak Hadiri Penutupan Asian Games 2018 Jokowi Pilih Ke Lombok

Asian Games 2018
Suasana nonton bareng upacara penutupan Asian Games 2018 di sekitar tenda pengungsian di Lombok, Jokowi bersama Gubernur NTB, sejumlah pejabat dan warga pengungsi korban gempa | Foto: Istimewa/BNPB/linakasih/joss.co.id
Mari berbagi

JoSS, LOMBOK – Presiden Jokowi menyatakan permintaan maafnya tidak menghadiri upacara penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat karena tengah berada di Lombok untuk memantau penanganan gempa di wilayah itu.

“Saya mohon maaf tak bisa hadir langsung di penutupan Asian Games. Saat ini saya bersama Pak Gubernur NTB berada di Lombok. Di sini kami bisa merasakan semangat yang ada di Gelora Bung Karno,” ujar Jokowi dalam video pendek berdurasi sekitar 5 menit yang disiarkan di dua layar utama SUGBK.

Wakil Presiden Wakil Presiden Jusuf Kalla yang selanjutnya mewakili presiden dan mendampingi Ketua Komite Olimpiade Asia (OCA) Syeikh Ahamad Al Fahad Al Sabah dan Ketua Komite Olimpiade Dunia (IOC) Thomas Bach.

Jokowi menyampaikan, meski dia tak bisa hadir langsung, namun, semangatnya tetap sama dengan seluruh elemen yang hadir di SU GBK, yakni semangat kebersamaan.

“Dan Asian Games 2018 memang berakhir sampai di sini tetapi semangat Energi of Asia tidak akan padam,” kata Jokowi.

Jokowi mengapresiasi capaian kontingen Indonesia yang berhasil menutup Asian Games 2018 di peringkat 4. Mereka meraih 31 emas, atau merupakan capaian tertinggi Indonesia selama mengikuti Asian Games sejak 1951.

Asian Games 2018
Suasana nonton bareng penutup Asian Games 2018 di Lombok | Foto: Istimewa/BNPB/linakasih/joss.co.id

“Tak lupa saya ingin berterima kasih kepada rakyat seluruh masyarakat Indonesia. Kita sukses menjadi tuan rumah yang ramah. Semoga momentum ini bisa menjadikan bangsa ini semakin besar,” kata Jokowi.

Di akhir pesannya, Jokowi pun meminta doa kepada seluruhnya agar Lombok bisa pulih. Gempa besar yang terjadi berkali-kali pada bulan Agustus lalu meluluhlantakkan tanah Lombok. “Mari doakan Lombok agar pulih kembali sedia kala bahkan lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo memberikan langsung bantuan untuk perbaikan rumah rusak berat yang telah diverifikasi sebanyak 5.293 unit yang diserahkan kepada korban gempa Lombok di Kecamatan Pemenang, Lombok Utara pada Minggu (2/9).

Baca juga : Perluas Apron Bandara Banyuwangi AP II Gelontorkan Dana Rp400 Miliar

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwonugroho mengatakan nilai total yang diserahkan sebanyak Rp 264 milyar untuk 5.293 KK yang rumahnya  rusak berat, dimana masing-masing rumah rusak berat diberikan stimulus Rp 50 juta.

“Bantuan langsung ditransfer oleh Pemerintah dan masyarakat menerima dalam bentuk tabungan BRI,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima JoSS.co.id, Minggu (2/9).

Adapun rincian warga yang mendapatkan dana stimulan dari pemerintah adalah Kabupaten Lombok Barat 359, Kabupaten Lombok Utara 1.353, Kabupaten Lombok Timur 2.782, Kabupaten Lombok Tengah 779,  Kota Mataram 20. Satu orang perwakilan dari masing-masing 5 (Lima) Kabupaten/Kota menerima secara simbolis bantuan langsung dari presiden.

Asian Games 2018
Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi bersama Presiden Jokowi serta warga dan stakeholders menyampaikan pesan terkait Lombok Kembali Membangun | Foto: Istimewa/BNPB/linakasih/joss.co.id

Diharapkan tabungan sebesar Rp50 juta dapat membantu masyarakat membangun kembali rumahnya yang roboh akibat gempa. Presiden berpesan, dana yang diberikan benar-benar untuk membangun rumah dan tidak digunakan untuk hal yang lain.

“Saya akan cek benar nanti, uangnya dibangunkan rumah atau tidak. Satu lagi pesan saya untuk pejabat pemerintah, jangan dipotong serupiah pun dana yang turun ke masyarakat, Masyarakat harap bersabar, untuk sementara yang diberikan dana stimulan masih sejumlah 5.293. Sisanya sekitar 70 ribuan lebih masih dalam verifikasi sesuai aturan yang berlaku” kata Presiden.

Seperti diketahui verifikasi data rumah rusak yang akan mendapatkan bantuan dana perbaikan dari pemerintah menemui sejumlah kendala di lapangan. Pemerintah Nusa Tenggara Barat baru mampu menyelesaikan verifikasi sekitar 17 ribu dari total 74 ribu rumah rusak akibat gempa Lombok.

Di Lombok Barat, misalnya verifikasi rumah terhambat minimnya jumlah tenaga pendata. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Lombok Barat I Made Arthadana mengatakan timnya baru memverifikasi sekitar 9.000 rumah di kabupaten tersebut. Padahal jumlah rumah rusak di kabupaten itu diperkirakan mencapai 37.000.

Data yang diperoleh, hingga saat ini hanya ada 309 pendata yang menyisir ratusan desa di Lombok Barat. “Mereka hanya mampu tiga rumah per orang dalam sehari. Padahal target awal harus 30 rumah per hari,” kata Made.

Made meminta tambahan tenaga dan tim verifikasi. Meski dikejar waktu, ia tak ingin pekerjaan pendataan ini dilakukan ala kadarnya karena berhubungan dengan bantuan dana yang akan diberikan untuk korban gempa. Pemerintah pusat mengatakan akan mengucurkan bantuan Rp 4 triliun untuk warga Lombok yang akan memperbaiki rumahnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*