Press "Enter" to skip to content

Presiden Jokowi Jemput Mahathir Di Halim

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyambut langsung kehadiran Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad di Landasan Pacu Bandara Halim Perdana Kusuma, Kamis (28/6) malam didampingi Ibu Negara Iriana, Menko Polhukman, Panglima TNI, Kapolri, Menteri Luar Negri dan Gubernur DKI Jakarta.

Begitu pesawat yang ditumpangi Mahathir dan rombongan mendarat dan parkir, melihat Mahathir didampingi istrinya, Siti Hasmah, mulai menuruni tangga, Presiden beserta ibu negara langsung keluar dari ruang VVIP menunggu Mahathir di dekat tanga pesawat pesawat berwarna putih yang dipakai tamu negara dari Malaysia yang mendarat sekitar 18.00 WIB.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah rapi berbaris menunggu kehadiran Mahathir.

Jokowi menghampiri langsung ke bagian tangga Mahathir turun. Setelah bertemu keduanya bersalaman dan berjalan menuju ruang VVIP. Jokowi dan Mahathir berjalan di depan. Sementara itu, Iriana dan Siti Hasmah berjalan di belakang para kepala pemerintahan. Iriana terlihat menggandeng tangan Siti Hasmah.

Baca juga : Jokowi Kagumi Hasil Penataan Pendapi Balaikota Solo

Kunjungan ini merupakan lawatan pertama perdana menteri berusia 92 tahun ke luar negeri sejak memenangkan pemilihan umum Malaysia 9 Mei lalu.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, mengatakan penjemputan langsung ini merupakan bentuk penghormatan kepada Mahathir sebagai salah satu pemimpin negara senior dan dituakan.

Lawatan ini, kata Arrmanatha, menunjukkan Indonesia merupakan salah satu negara penting bagi Malaysia dan begitu juga sebaliknya.

Selain Mahathir, Jokowi juga pernah menjemput langsung di landasan Halim ketika Raja Arab Saudi Salman berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Setelah hari ini, Jokowi akan kembali bertemu Mahathir besok pagi di Istana Bogor guna membahas banyak hal seperti peningkatan hubungan perdagangan dan investasi serta penguatan komitmen kedua negara mengenai perlindungan warga Indonesia di Malaysia. (cnn/awo)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id