fbpx Press "Enter" to skip to content

Warga Gangga Lombok Utara Masih Belum Mendapat Bantuan

Selasa, 14 Agustus 2018
Mari berbagi

JoSS, LOMBOK – Seminggu setelah gempa mengguncang Lombok Utara, Nusa tenggara Barat (NTB), ternyata masih banyak korban gempa yang belum tersentuh bantuan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Ardian Al Rasyid, relawan di korban gempa melaporkan untuk Joss.co.id, salah satu wilayah yang kini belum tersentuh bantuan yakni ada di pedalaman Dusun Monggal Atas, Desa Gengglang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, NTB.

Di wilayah itu, terdapat sedikitnya 786 jiwa dan 80 balita, dalam kondisi kekurangan makan, belum ada bantuan obat-obatan maupun selimut.

Mereka tinggal di tenda-tenda seadanya, di tengah ladang atau persawahan yang dirasa aman untuk ditinggali.

“Ketika Sabtu kemarin, kami datang ke sana, kami segera membentuk dapur umum disana, namun keterbatasan logistik kami hanya bisa bertahan 2 hari saja. Kami melayani warga yang berjumlah 786 jiwa diantaranya balita 80an. Sementara kapasitas nasi bungkus yang bisa kami sajikan di tiap jam makan hanya 200-300 bungkus saja. Dan itu di cukup-cukupkan untuk 700-an jiwa tersebut,” katanya melalui keterangan tertulis kepada JoSS.co.id.

Dia menjelaskan pada Sabtu (11/8) datang bantuan dari seorang teman di posko bantuan yang berjarak sekitar 20 kilometer dari lokasi ini, namun hanya cukup untuk beberapa hari.

“Kami estimasikan bahan makanan itu hanya akan bertahan 3/4 hari untuk memenuhi kebutuhan makan mereka. Sebelum kami datang kesana, mereka hanya menghandalkan isi kebun mereka seperti pisang dan pepaya sebagai santapan pengganjal perut,” paparnya.

Baca juga : Kunjungi Korban Gempa Jokowi Pastikan Kebutuhan Pengungsi Tercukupi
lombok utara
Kondisi reruntuhan, rumah warga di Kecamatan Gangga Lombok Utara akibat gempa | Foto : joss.co.id/sugondo

Karena kondisinya yang memprihatinkan, beberapa relawan kemudian turun gunung untuk mencari bantuan logistik, memakan waktu tempuh dua hari. “Rencana Besok Jumat kami berencana akan kembali kesana lagi untuk menghantarkan bantuan, sembari kami dan teman-teman lainnya melakukan penggalangan dana,”katanya.

Selain di tempat itu, tim ini juga menerima banyak informasi yang menyatakan masih banyak tempat yang menjadi korban gempa belum tersentuh bantuan.

“Kami terus menerima informasi terkait lokasi korban gempa yang belum mendapatkan bantuan. Diantaranya di wilayah Kecamatan Gangga, Lombok Utara, lokasi pedalaman gunung, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara lokasi pedalaman gunung juga, dan masih ada beberapa titik lagi,” kata Ardian.

Rata-rata lokasi yang menjadi korban gempa belum tersentuh bantuan sama sekali itu di bagian pedalaman gunung. Karena untuk akses kesana cukup jauh dan jalan rusak. Sejauh ini hanya beberapa relawan saja yang memang mempunyai misi untuk menyalurkan bantuannya di daerah pelosok.

“Tepat dilokasi yang pernah kami tinjau kemarin, disana sangat memprihatinkan. Bahkan untuk tenda saja masyarakatnya membuat tempat pengungsian beratap daun pisang dan kelapa yang di tumpuk” jelasnya.

Lokasinya berada di Dusun Monggal Atas, Desa Gengglang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, NTB, berada di pedalaman gunung. (gdo/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id