Press "Enter" to skip to content

Punguti Sampah Pasar, Ganjar – Hendi Dorong Kesadaran Jaga Kebersihan

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Ganjar Pranowo – Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) mulai mengawali tugas awalnya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2018 – 2023 dengan terjun langsung menyapa masyarakat. Kali ini di Pasar Peterongan, Kota Semarang.

Jumat (7/9) pagi, sekitar pukul 06.30 WIB, Ganjar – Gus Yasin sudah blusukan di salah satu pusat perdagangan tradisional terbesar di Semarang itu. Tak hanya menyapa pedagang dan pembeli, pasangan yang dilantik pada Rabu (5/9) tersebut menyapu dan memungut sampah di pasar.

Ganjar – Gus Yasin tidak sendirian. Keduanya didampingi Sekda Jateng Sri Puryono, Wali Kota dan Wakil Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu, serta para pejabat di lingkungan Pemprov Jateng dan Pemkot Semarang. Berbekal sapu lidi, mereka bergotong-royong bersama pedagang membersihkan sampah yang berserakan di jalan dan di sela lapak pedagang.

Menggunakan alat bantu semacam gantol, Ganjar memungut bermacam sampah kemudian memasukan ke dalam karung yang ditentengnya. Aksi yang berlangsung 40 menit itu, berhasil mengumpulkan belasan karung berisi sampah, termasuk 56,5 kilogram sampah plastik.

Pantauan di lapangan, kehadiran gubernur dan para pejabat membuat kaget para pedagang dan pengunjung pasar. Pedagang tidak menyangka jika tempatnya berusaha dikunjungi orang nomor satu Jawa Tengah dan orang nomor satu Kota Semarang. Terlebih melihat mereka tidak merasa risi memungut sampah yang identik dengan hal kotor dan menjijikkan.

“Saya kaget melihat Pak Gub datang dan tiba-tiba memungut sampah di depan lapak saya. Tadi sempat tidak percaya, karena selama ini hanya melihat lewat televisi, tetapi sekarang saya melihat langsung,” kata Sarofah, pedagang kelapa dan sayuran.

Baca juga : Angkasa Pura I Buka Peluang Kerjasama Jaringan Peritel di Bandara Semarang

Selain terkejut, pedagang juga merasa terkesan dengan kehadiran sejumlah pejabat utama ke pasar yang selalu ramai di pagi buta ini. “Kalau pagi di sini pusatnya kulakan di Semarang, selain Pasar Johar. Jadi sangat ramai karena banyak aktivitas di sini sehingga banyak sampah berserakan,” imbuhnya.

Ganjar mengaku kehadirannya bersama pejabat utama Jawa Tengah dan Kota Semarang tidak lain bertujuan memotifasi pedagang untuk selalu menjaga kebersihan pasar. Saya akan terus mendorong para pedagang dan semua warga setiap hari Jumat untuk bersih-bersih lingkungan sekitar. Jika ini menjadi tradisi maka pembeli pun menjadi nyaman karena lingkungan bersih dan itu juga berpengaruh baik terhadap kesehatan,” beber dia.

Di lingkungan Pemprov Jateng sendiri, lanjut dia, sudah ia terapkan sejak Hari Lingkungan Hidup lewat gerakan Jumat Bersih. Setiap hari Jumat, tiap dinas dan badan diwajibkan melakukan aksi bersih di lingkungan yang paling dekat. Diharapkan gerakan moral ini bisa meluas dan menular seluruh lapisan masyarakat, juga di kawasan pemukiman yang dekat dengan sungai. Dengan demikian, seluruh sungai di Jawa Tengah menjadi bersih dan dapat dikembangkan menjadi pusat kegiatan masyarakat hingga destinasi wisata unggulan.

“Saya akan terus mendorong gerakan ini, termasuk ketika saya berkunjung  dan berkeliling daerah akan membersihkan tempat-tempat kumuh agar bersih, mengajak masyarakat menjaga kebersihan, dan ketertiban,” imbuhnya.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi kehadiran Ganjar – Gus Yasin yang nyengkuyung program Resik-Resik Kota yang digagas Pemkot Semarang setiap hari Jumat. Senada dengan Ganjar, program ini diharapkan mampu mendorong masyarakat Semarang untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Wong gubernure dan wali kota-ne gelem resik-resik pasar, mestinya mereka juga mau menjaga kebersihan lingkungan. Sebenarnya itu saja target kami selain tentunya bagian dari silaturahim, sambil mendengar cerita-cerita masyarakat punya kebutuhan apa,” tukas wali kota yang akrab disapa Mas Hendi ini. (joy/lna) 

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id