Ratusan Pedagang Pasar Legi Merayakan Kelahiran Cucu Ke Dua Jokowi

pasar legi
Ratusan Pedagang Pasar Legi Ikut Berbahagia atas kelahiran cucu Presiden Jokowi yang ke dua | Foto : joss.co.id/tono
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Kelahiran puteri pertama dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution disambut bahagia oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, tak ketinggalan warga Solo yang merupakan kampung halaman sang kakek yaitu Presiden Indonesia Joko Widodo. Kehadiran cucu ke dua presiden itu dirayakan oleh ratusan pedagang di Pasar Legi Surakarta, Rabu (1/8)

Ratusan pedagang sembako di Pasar Legi secara spontan mengumpulkan dana sukarela untuk menggelar ‘bancakan’ atau syukuran yang merupakan tradisi jawa untuk merayakan kelahiran seorang anak atau cucu. Para pedagang tersebut juga membawa makanan maupun ubo rampe yang diperlukan untuk menggelar hajatan yang di laksanakan di pintu utara Pasar Legi.

Seperti diketahui putri semata wayang Presiden Jokowi, Kahiyang yang merupakan istri dari Bobby Nasution , melahirkan seorang bayi perempuan , Rabu (1/8) pagi, di Rumah Sakit YPK Mandiri, Menteng, Jakarta Pusat.

Bancakan itu dihadiri oleh ratusan pedagang, baik yang memiliki kios maupun bakul gendong, juga termasuk kuli panggul yang kesehariannya mencari nafkah di pasar tersebut. Beberapa pedagang dipandu oleh panitia, Mayor Haristanto, membawa nampan berisi nasi tumpeng dan gudangan ke pintu Utara Pasar Legi.

Ustadz Karim, takmir masjid “Nurul Falah” kompleks Pasar Legi, kemudian membacakan doa agar cucu kedua Presiden Jokowi tumbuh sehat menjadi perempuan yang shalekhah, berguna bagi bangsa negara dan agama. Ustadz Karim juga mendoakan kebahagiaan, kesehatan dan keberkahan selalu melingkupi keluarga Presiden Jokowi.

Baca juga : Penjualan Perlengkapan Haji di Kudus Naik 100%

Setelah didoakan, nasi tumpeng dan sayur gudangan komplit seperti kangkung, bayam, kacang panjang, taoge, kluwih serta telur dan ingkung ayam dijadikan dalam bungkusan dan pincuk kecil -kecil terbuat dari daun pisang, kemudian dibagikan kepada warga yang hadir. Bancakan tersebut bertajuk ‘Mangayubagya Cucu Kedua Presiden Jokowi’.

“Ya saya senang ikut makan bancakan mahargya cucu Presiden Jokowi. Saya pernah merasakan betapa bahagianya menjadi nenek,”ujar pedagang oprokkan bernama Mbah Surati warga Colomadu, Karanganyar yang mengaku telah memiliki lima cucu.

Sementara panitia Mayor Haristanto memaparkan filosofi nasi gudangan bagi masyarakat Jawa. Nasi gudangan yang memiliki sayuran lengkap seperti kangkung, bayam, kacang panjang, taoge serta kluwih mengandung simbol atau perlambang antara lain: kangkung berarti jinangkung yang berarti melindungi, tujuan dapat tercapai. Sedang sayur bayam (bayem) berarti ayem tentrem, taoge atau kecambah berarti tumbuh.

“Sementara kacang panjang berarti pemikiran yang jauh ke depan/inovatif, sedang brambang (bawang merah) melambangkan selalu mempertimbangkan segala sesuatu dengan matang baik buruknya. Diharapkan cucu Presiden Jokowi nantinya menjadi wanita yang paripurna berakhlak baik, rupawan baik hatinya maupun wajahnya,” ujar Mayor Haristanto.

pasar legi
Pedagang Pasar Legi membagikan bancakan lahiran cucu Presiden Joko Widodo ke para pedagang baik, bakul gendong, dan kuli untuk disantap bersama | Foto : joss.co.id/tono

Sementara Lurah Pasar Legi, Marsono kepada JoSS.co.id mengatakan para pedagang Pasar Legi , Solo merasa memiliki hubungan batin serta kekeluargaan yang erat dengan pak Jokowi. “Bahkan sebelum menjabat sebagai Presiden RI, saat menjadi Walikota Solo, pak Jokowi sering blusukan, memberi sembako dan menanyakan sekaligus memecahkan problema yang sering dihadapi oleh pedagang juga pengemudi becak yang ngetem di Pasar Legi yang merupakan sentra kebutuhan sehari-hari bagi warga Solo dan sekitarnya. Hubungan erat layaknya seperti keluarga itulah menjadikan para pedagang yang mendengar pak Jokowi mendapat cucu kedua, spontan menggelar tasyakuran,” ujarnya.

Sejumlah pedagang membenarkan keterangan Lurah Marsono, seperti Prayitno serta Bagio, mereka seperti merasakan kebahagiaan Presiden RI Jokowi memperoleh cucu kedua setelah sebelumnya dari Gibran, pasangan Jokowi -Iriana mendapat cucu pertama laki-laki, Jan Ethes Srinarendra.

“Kami para pedagang rasanya ikut berbahagia, karena Pak Jokowi sejak menjabat sebagai Walikota Solo telah akrab dengan para pedagang di pasar tradisional termasuk Pasar Legi. Pak Jokowi selain menyapa pedagang dan tukang becak yang ngetem di Pasar Legi juga sering membagikan sembako,”ujarnya. Baik Prayitno maupun Bagio berharap, sosok cucu perempuan Jokowi tumbuh menjadi anak sholekah, sehat, berguna bagi orang tua, bangsa dan negara. (ton/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*