Toyota Jadikan Tegal Sebagai Supplier Sparepart Otomotif

Ilustrasi | Foto: suara.com
Mari berbagi

JoSS, TEGAL –Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) serius membidik industri logam di Kabupaten Tegal. Menggandeng Pemkab setempat, perusahaan otomotif asal Jepang ini akan mengembangan ekosistem industri. Nantinya akan melibatkan Industri Kecil Menengah (IKM) logam menjadi salah satu supplier sparepart Toyota.

Hal itu diungkapkan dalam audiensi dengan Bupati Tegal Umi Azizah belum lama ini.

Salah satu perwakilan dari Toyota Dany menyampaikan bahwa dalam pengembangan ekosistem industri juga melibatkan YPTI Yogyakarta, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI), Asosiasi Industri Mesin Perkakas Indonesia (ASIMPI), Metindo Era Sakti, Trimitra Marganda Unggul.

“Masing-masing mempunyai peran tersendiri, seperti YPTI dan ATMI dapat mensinergikan ke beberapa sekolah menengah maupun perguruan tinggi atau politeknik dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas,” tuturnya.

Lebih lanjut, IKM logam adalah bagian dari ekosistem itu tersendiri. Karena IKM tersebut akan memproduksi sparepart yang digunakan Toyota dalam membuat mobil.

Baca juga: Mitsubishi Electric Fokus Garap Ritel dan Proyek di Jawa Tengah

“Tegal akan menjadi salah satu supplier Toyota. Namun dalam memproduksi, setiap IKM perlu pendampingan. Maka dari itu kita menggandeng beberapa perusahaan yang ahli di bidangnya.  Karena untuk menghasilkan produksi yang bagus perlu adanya pendampingan,” kata Dany.

Sementara itu, Kabid Industri Logam, Mesin, Tekstil dan Aneka (Ilmeta) Dinas Perinaker Kabupaten Tegal Irsyad mengungkap perkembangan pengembangan ekosistem industri sampai saat ini sudah pada tahap roadmap atau pemetaan.

Menurut Irsyad, mewujudkan sebuah ekosistem industri otomotif diperlukannya sinergi berbagai elemen pendukung.

“Baik itu aspek pengembangan sumber daya manusia yang  melibatkan civitas akademika di Tegal maupun melalui training centre, production system, maintenance tooling, laboratorium, business centre, material centre. Nantinya semua akan dapat terintegrasi dalam satu ekosistem dengan tujuan akhir membawa IKM logam Kabupaten Tegal sebagai bagian dalam rantai pasok komponen otomotif, khususnya komponen kendaraan Toyota,” jelasnya.

Bupati Tegal, Umi Azizah, berharap pengembangan ekosistem industri logam itu mampu mengurangi angka pengangguran di wilayahnya.

“Saya ingin pengembangan ini secepatnya diimplementasi. Syukur-syukur tidak lebih dari dua tahun, dimulai dari sekarang,” ujar Umi, dikutip dari lama resmi Pemkab Kendal, Senin (18/1). (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*