Empat Gudang PPI Alih Fungsi Jadi Ruang Pamer IKM

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Empat gudang milik PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) alih fungsi menjadi ruang pamer bagi Industri Kecil Menengah (IKM). Kelak ruang pamer IKM di kawasan Kota Lama Semarang itu bernama: Galeri Industri Kreatif.

Menurut Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, saat meninjau kesiapan gedung tersebut, bahwa galeri ini target selesai pada April 2019.

“Gedung ini sudah selesai dipugar. Sisanya, hanya mengisi interior secara keseluruhan. April tahun ini bisa rampung. Namun kita juga menunggu revitalisasi Kota Lama secara keseluruhan. Kalau sudah selesai, ya kita juga selesai. Semoga bisa diresmikan bersama,” kata Mbak Ita, panggilan akrab Wakil Wali Kota Semarang, seperti yang dilansir dari suaramerdeka.com, Selasa (9/4).

Mbak Ita menambahkan, galeri ini menampung hingga puluhan pelaku industri kecil menengah. Dari jumlah tersebut sekitar 36 merupakan pedagang barang antik.

“Selebihnya nanti ada pengusaha fashion, logam, furniture, dan kuliner. Tentunya nanti akan ditata sedemikian rupa hingga memiliki daya jual,” tambahnya.

Baca jugaBulog Tambah Gudang Baru di Pati dan Banyumas

Terkait kuliner, Mbak Ita ingin agar para pedagang nantinya dapat menawarkan makanan milenial namun tidak meninggalkan khasanah tradisi.

“Makanya nanti kita akan lakukan kurasi terlebih dahulu. Agar para pedagang juga memiliki visi bersama membangun ruang pamer ini menjadi lebih menarik,” jelasnya.

Dia menambahkan, galeri ini akan menjadi salah satu pendukung Kota Lama sebagai daya tarik wisata. Menurutnya, Semarang sedang diwacanakan sebagai warisan dunia.

Oleh karenanya, Mbak Ita meminta kepada seluruh aspek masyarakat di Kota Semarang agar mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkannya.

“Kita ingin sama-sama agar Semarang bisa berbanggaa memiliki Kota Lama sebagai warisan dunia. Makanya, segala upaya kita usahakan,” pungkasnya.

Sebelumnya, para pedagang barang seni yang menempati Jalan Srigunting hingga Jalan Garuda Kawasan Kota Lama akan direlokasi ke Gedung Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) tepatnya belakang Gereja Blenduk.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, mereka harus pindah sebab Jalan Srigunting dan Jalan Garuda akan dilakukan revitalisasi. Total pedagang barang seni di Kawasan Kota Lama sebanyak 36 pedagang.

“Untuk 36 pedagang pasti cukup. Kami asumsikan PPI bisa memuat 40 pedagang,” kata Fajar. (nug/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*