Indonesia Bisa Jadi India, Brazil dan AS Jika Peserta Pilkada Tak Taat Protokol Kesehatan

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) sekaligus Menteri BUMN, Erick Thohir | Foto: idntimes.com
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) sekaligus Menteri BUMN, Erick Thohir menyatakan penyebaran virus corona di Indonesia bisa terjadi seperti di Brasil, India dan Amerika Serikat jika para paserta pilkada tidak terapkan protokol kesehatan.

Seperti diketahui, Pilkada Serentak 9 Desember kini memasuki tahapan-tahapan yang memungkinkan melibatkan kerumunan massa. Seperti saat pendaftaran para bakal calon kepala daerah ke Komisi pemilihan Umum (KPU) daerah akhir pakan lalu. Tak hanya didampingi para partai pendukung, para pasangan calon juga diantar oleh keluarga dan para pendukungnya.

Untuk itu, Erick mengimbau, kepada para calon kepala daerah yang mengikuti kontestasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tak hanya memikirkan keterpilihannya saja. Tapi dapat menjaga agar ajang kontestasi ini tidak menjadi kluster penyebaran Covid-19 baru.

“Kita menekan situasi Pilkada dan statement kami (KPCPEN) termasuk saya sendiri sangat keras jangan kita bicara sukses Pilkada tapi gagal penanganan covid. Karena ini bisa menjadi gelombang ketiga yang sangat membayangkan,” dia kata Erick dalam Dies Natalis 63 Tahun Universitas Padjajaran (UNPAD) secara virtual, Jumat (11/9).

Dilansir dari Tempo.co, dia mengimbau kepada calon kepala daerah juga harus ikut dalam mengkampanyekan pelaksanaan protokol kesehatan. Hal itu dilakukan demi menekan penyebaran pandemi mematikan tersebut.

Baca juga: 60 Calon Kepala Daerah Positif Covid-19, KPU Larang Kandidat Lanjutkan Tahapan Pilkada

“Saya tidak ada maksud menakut-nakuti bahwa kita tidak akan melihat penurunan jumlah kasus COVID secara signifikan, kalau perilaku disiplin protokol kesehatan tidak dilakukan bersama-sama,” ujar Erick.

Menurut Erick, jika melihat bagaimana kondisi sekarang Indonesia lebih baik jika dibandingkan dengan negara-negara seperti India, Brasil dan Amerika Serikat.

Dia menjelaskan, seperti di India yang mendapatkan angka satu juta kasus terkonfirmasi Covid-19 dalam tempo 12 hari. Bukan tidak mungkin jika tidak berdisiplin protokol kesehatan, Indonesia mendekati capain negara-negara tersebut.

Namun, kata dia, semua pihak tidak mau Indonesia terus mendekati angka kasus negara-negara tersebut.

“Kalau kita berasumsi jelek saja misalkan terjadi 3.000 kasus COVID per hari, maka di akhir Desember 2020 kasus pandemi Indonesia bisa mencapai 500 ribu,” tutur Erick.

Dalam menekan angka terkonfimasi Covid-19, Erick mengungkapkan, pemerintah akan kembali mengaktifkan Puskesmas sebagai ujung tombak deteksi dini. Lalu di setiap daerah, akan ditingkatkan rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19. Kemudian, pelayanannya akan ditingkatkan juga dengan pendekatan berkualitas dan terjangkau. “Ini kita coba lakukan,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*