COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

113.134

115.056

2%

Kasus Baru

1.679

1.922

14%

Update: 4 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Brasil Catatkan Lonjakan Kasus Covid-19, Tembus 1 Juta Tertinggi Ke Dua di Dunia

Seorang lelaki bertopeng berjalan di dekat mural seorang petugas kesehatan yang sedang menyemprotkan desinfektan di Rio | Foto: dw.com/Reuters/S.Moraes
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, BRASIL – Kementerian Kesehatan Brasil mencatat lonjakan kasus baru virus corona sebanyak 54.771 kasus dalam sehari pada Jumat (19/6). Dengan penambahan itu, kini Brasil menjadi negara tertinggi ke dua di dunia dengan jumlah kasus positif Covid-19 tembus satu juta orang.

Data statistik John Hopkins University mencatat saat ini Brasil memiliki 1.032.913 kasus corona, kedua tertinggi di dunia setelah Amerika Serikat sebanyak 2.219.976 kasus.

Para ahli menduga angka kasus corona di Brasil lebih tinggi dari yang dilaporkan pemerintah, mengingat pengujian yang masih terbatas.

Dikutip dari CNNIndonesia , Kemenkes Brasil melaporkan total kematian akibat Covid-19 kini mencapai 48.954 jiwa. Kendati kasusnya terus bertambah, kurva infeksi virus corona di Brasil mulai mengalami penurunan.

Menurut perhitungan AFP berdasarkan angka resmi, sejak awal Juni rata-rata mencatatkan lebih dari 518 ribu kasus positif dan 19 ribu kematian. Data itu mencakup angka kematian harian dengan lebih dari seribu jiwa dalam empat hari terakhir.

Baca juga: Pemerintah Malaysia Izinkan Mahasiswa Asing Kembali Lanjutkan Perkuliahan

Brasil berjuang keras menekan penyebaran virus corona di tengah sikap acuh Presiden Jair Bolsonaro yang kerap menganggap enteng pandemi tersebut.

Diketahui, Bolsonaro mendorong kementerian kesehatan merekomendasikan chloroquine dan hydroxychloroquine sebagai pengobatan, meski efektivitas obat tersebut masih dipertanyakan.

Bulan lalu, ia juga mengancam akan keluar dari WHO dan menuduhnya melakukan bias ideologi terkait penggunaan obat untuk mengobati Covid-19. Tak hanya itu, di dalam negeri ia juga beradu pendapat dengan dua menteri kesehatannya terkait upaya penanganan virus corona.

Luiz Henrique Mandetta, mantan menkes yang dipecat Bolsonaro pada April lalu mengatakan jika warga Brasil menderita karena kacaunya penanganan corona yang dilakukan pemerintah.

“Kementerian kesehatan dan gubernur negara bagian mengatakan kepada orang-orang supaya tinggal di rumah dan mempraktikkan menjaga jarak, namun presiden mengatakan dan melakukan hal yang sebaliknya,” kata Mandetta. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*