Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

76.981

78.572

2%

Kasus Baru

1.282

1.591

24%

Update: 14 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Menag Imbau Masyarakat Muslim Laksanakan Salat Idulfitri di Rumah

Ilustrasi | Foto: okezone.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Penyebaran virus corona di Indonesia masih tinggi. Untuk itu, Menteri Agama Fachrul Razi mengimbau masyarakat Muslim melaksanakan salat Id atau salat Idulfitri di rumah. Hal itu dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19.

Setelah melihat situasi terkini, saat pandemi belum menunjukkan tanda penurunan, Menag meminta umat Islam dapat merayakan lebaran Idulfitri dari rumah bersama keluarga.

“Saya imbau umat Islam menjalankan salat Id di rumah bersama keluarga inti. Ini bagian dari empati dan komitmen kita sebagai umat beragama, dalam penanganan Covid-19,” kata Menag, dikutip dari keterangan resmi, Rabu, (13/5/2020).

Menag meminta agar masyarakat tetap mengusahakan untuk tidak meninggalkan Salat Id, walau kali ini salat diselenggarakan bersama keluarga di rumah.

“Sesuai teladan Rasulullah SAW yang tidak pernah meninggalkan shalat Id,” ujarnya.

Baca juga: Kebijakan Bekerja Dari Rumah Untuk Pegawai Pemerintah Diperpanjang Lagi…

Menag berharap para ulama, termasuk MUI, dapat terus memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang hukum fikih Islam dan tata cara Salat Idul Fitri yang merupakan Sunnah Muakkadah, yaitu, sunnah yang sangat dianjurkan.

“Mari kita sambut kehadiran Idulfitri 1441 H dengan suka-cita dan bahagia, karena itu adalah hari kemenangan dan hari kembalinya kita ke fitrah yang suci. Mari berbagi kepedulian kepada yang memerlukan, agar mereka juga dapat berlebaran seperti kita semua,” pesan Menag.

Pandemi Covid-19 tidak boleh mengurangi kebahagiaan dan kegembiraan kita dalam menyambut Idulfitri 1441 H. Taqobalallahu Minna Waminkum, Semoga Allah menerima amal kita semua,” tutur Menag.

Di sisi lain Menag menyebutkan bahwa Ramadan 1441 H/2020 M dijalani dalam suasana berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ramadan tahun ini berjalan dalam suasana pandemi. Status pandemi ini telah ditetapkan oleh WHO sejak Maret 2020.

Menag berharap suasana pandemi segera berakhir dan kehidupan kembali normal, baik di Indonesia maupun dunia. Namun, mengingat pandemi masih belum selesai, Menag menghimbau agar umat Islam menyambut Idulfitri dengan tetap tinggal di rumah. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*