Kunto Aji Ikuti Aksi Tanam Pohon di Kawasan Candi Ratu Boko

Kunto Aji menanam pohon | Foto: bumn.go.id
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Musisi sekaligus penyanyi Kunto Aji Wibisono atau yang biasa dipanggil Kunto Aji mengikuti aksi menanam pohon pada kegiatan Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling) di situs purbakala Ratu Boko, kawasan di sebelah timur Kota Jogja, Rabu (13/11).

Menurutnya, pemanasan global bukan cuma mengakibatkan mencairnya es di kawasan Eropa atau Amerika. Negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki dua musim, seperti Indonesia, juga ikut terkena dampaknya.

Salah satu dampak dari pemanasan global di Indonesia ialah suhu gerah yang terjadi baik di musim kemarau atau musim hujan. Saat ini gerakan menanam pohon menjadi salah satu ikhtiar untuk memperbaiki kondisi lingkungan semakin rusak.

“Buat saya, menanam pohon adalah langkah yang baik dan saya yakin hasilnya jauh lebih banyak positifnya,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Terletak di Dusun Dawung, Desa Bokoharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), komplek situs purbakala Ratu Boko, pada Selasa ditanami ribuan aneka pepohonan.

Penghijauan juga dilakukan di Candi Ijo, sebuah kompleks percandian bercorak Hindu – berjarak 4 km arah tenggara dari Candi Ratu Boko, atau sekitar 18 kilometer di sebelah timur Kota Yogyakarta.

Sebanyak 2.350 pohon, masing-masing 1.350 pohon di komplek situs Ratu Boko dan 1.000 lainnya di Candi Ijo, ditanam oleh sebanyak 250 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Yogyakarta, seperti dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Seni Indonesia (ISI), dan Universitas Atmajaya.

Baca juga: Agnez Mo, Artis Indonesia Pertama Yang Nampang di Musem Madame Tussauds Singapura

“Menurut saya aksi tanam pohon akan sangat bagus sekali karena di mana-mana cuaca lagi panas banget, sehingga penanaman pohon akan sangat membantu. Selain meneduhkan lingkungan juga membantu penghijauan,” ujar Kunto.

Karena itulah saat dihubungi untuk ikut dalam aksi penanaman pohon di situs purbakala Ratu Boko, Kunto langsung mengiyakannya. Dalam kegiatan itu, ragam pohon yang ditanam adalah jenis bugenvil, tanjung, merak, soka, kepel, dan juga melati.

Dia mengakui kegiatan penanaman pohon di situs purbakala dinilainya sebagai “sesuatu yang unik”. “Unik, karena sekaligus ada unsur penghijauan, merawat kawasan sejarah dan mempromosikan tempat wisata,” kata Kunto.

Kunto lanjut mengatakan, selain aksi penanaman pohon, generasi muda juga harus mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

“Isu yang sedang kita lawan tentang pemanasan global, ada sampah plastik di mana-mana. Jadi langkahnya banyak sekali bukan hanya menanam pohon. Itu sangat bagus, tapi bisa juga dilakukan dengan mengurangi penggunaan sampah plastik, contohnya seperti membawa tumbler sendiri dari rumah dan lain-lain,” katanya.

Kunto menyebut pesan-pesan pro-lingkungan juga tidak harus lewat lagu, tetapi bisa dilakukan melalui aksi langsung, sehingga bisa dicontoh langsung oleh penggemarnya yang sebagian besar dari kaum millennial dan generasi Z. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*