fbpx

SBY Hingga Prabowo-Sandi Dipastikan Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma’ruf

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Dua mantan presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Megawati Soekarnoputri dipastikan hadir dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pada Minggu, 20 Oktober mendatang.

Tak hanya itu, pasangan lawan dalam Pilpres 2019 yakni Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno juga telah dikonfirmasikan kesediaannya untuk hadir, bersama dengan 18 kepala negara sahabat.

Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono menuturkan sejumlah tamu undangan kemungkinan besar akan memunuhi undangan pelantikan

“Presiden ke-5 Megawati ya siap hadir, SBY siap hadir. Kemudian nanti Pak Prabowo juga hadir, Pak Sandiaga hadir. Presiden juga yang mau dilantik, wakil presiden Kiai Haji Ma’ruf Amin juga pasti hadir,” katanya di Senayan, belum lama ini.

Ma’ruf mengatakan, kehadiran tokoh bangsa itu dapat membawa pesan positif untuk Indonesia di mata dunia. Apalagi, ada 18 tamu negara yang bersedia hadir dalam rapat paripurna pelantikan.

“Saya kira ini tokoh-tokoh akan hadir dalam pelantikan dan membawa pesan positif tidak hanya internal kita tapi juga dunia internasional, bahwa perhelatan lima tahunan untuk melegitimasi pemimpin nasional tingkat presiden itu mendapat citra yang baik di mata internasional,” kata dia.

Dia menambahkan perkembangan terakhir ada 18 tamu negara. Ada kepala negara kepala pemerintahan ada utusan khusus yang akan hadir, juga para duta besar. “Jadi kalau negara jumlahnya bisa ratusan, sekitar 100 sekian lah yang hadir,” tambahnya.

Baca juga: Perpisahan ‘Kabinet Kerja’ Jokowi-JK Saling Memuji

Untuk penyambutan tamu penting, pihaknya telah menjamin keamanan tamu selama acara pelantikan.

“Saya kira sudah siap dari segi penyambutan undangan. Keamanan yang bersifat internal eksternal tentu kita semua tahu ya, didukung secara penuh oleh unsur TNI dan Polri. Ini saya kira menjadikan kita optimistis bahwa sidang paripurna MPR yang sudah dipersiapkan dengan sangat matang akan berjalan sukses,” tutup dia.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan bahwa bangsa Indonesia saat ini hanya tinggal memiliki dua mantan Presiden sebagai tokoh bangsa. Pertama, Megawati sebagai ibu bangsa dan SBY sebagai bapak bangsa.

“Kehadiran Ibu bangsa dan Bapak bangsa ini tentu akan kian meneduhkan perpolitikan tanah air. Sekaligus memberikan pesan kepada dunia bahwa suhu politik Indonesia sangat kondusif dan para pemimpin bangsanya kompak,” ujar Bamsoet usai bertemu SBY di Bogor, Rabu malam (16/10).

Dalam kesempatan itu, tambah Bamsoet pimpinan MPR RI juga menyampaikan masukan dan sudut pandang dari para tokoh seperti SBY. Dengan demikian, mengetahui apa yang masih kurang untuk diperbaiki dan disempurnakan.

“Memajukan Indonesia merupakan usaha tanpa henti, usaha berkelanjutan dari satu generasi ke generasi lainnya,” kata Bamsoet.

Turut hadir para Wakil Ketua MPR antara lain Ahmad Basarah (F-PDI Perjuangan), Jazilul Fuwaid (F-PKB), Syarief Hasan (F-Demokrat), Hidayat Nur Wahid (F-PKS), Arsul Sani (F-PPP) dan Fadel Muhammad (Kelompok DPD). (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *