Puncak Arus Balik Pengguna Kereta Api Hari Ini

Pemudik menggunakan kereta | Foto: tribratanews.jateng.polri.go.id
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Puncak arus balik pengguna kereta api diprediksi pada hari ini Minggu (9/6) seiring dengan berakhirnya masa libur Hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Sebagian besar penumpang berasal dari Jawa Timur, Jateng dan DIY.

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah  memprediksi puncak arus balik bagi pengguna kereta api jatuh pada Sabtu (8/6) dan Minggu (9/6). Kebanyakan penumpang datang dari Surabaya, Yogyakarta, dan Sidoarjo.

“Tentunya [penumpang datang] dari arah timur yaitu Surabaya, Yogyakarta dan Sidoarjo,” ujarnya, seprti dikutip dari CNNIndonesia, Sabtu (8/6).

Dadan menyebut sejak hari ini untuk Stasiun Senen terdapat 66.606 penumpang yang datang sejak Kamis (6/6). Selain itu, untuk Stasiun Gambir volume kedatangan penumpang dari 6 Juni sampai 8 Juni mencapai 58.154.

Untuk itu, Deden mengatakan pihaknya pun mempersiapkan pengamanan dan posko khusus Stasiun Senen. Pengamanan terlebih dilakukan untuk menjaga pendatang yang datang saat malam hari.

Baca juga: Arus Balik, Bandara Soetta Tambah Area Parkir

“Untuk antisipasi tentunya kami siapkan pengamanan dan posko khususnya Stasiun Senen, untuk kedatangan kereta malam, kami antisipasi di keamanannya,” ucapnya.

PT KAI memprediksi jumlah pengguna kereta di tahun ini mengalami peningkatan sebesar sembilan persen jika dibandingkan tahun 2018. Tahun ini diprediksi pengguna kereta mencapai 997.730, dibandingkan tahun lalu sebesar 915.540 orang.

Puncak arus balik bagi pengguna kereta api ini tak jauh berbeda dengan pengguna bus. Kepala Terminal Thofiq Winanto memprediksi puncak arus balik di terminal itu jatuh pada Minggu (9/6) pagi.

Jumlah penumpang yang tiba di Kampung Rambutan esok diprediksi bakal lebih banyak dibanding pada arus mudik.

Hingga Sabtu pukul 00.00-15.00 WIB, penumpang yang datang di Kampung Rambutan sudah mencapai 11.507 orang. Angka ini sudah melebihi jumlah penumpang yang tiba kemarin. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*