Arus Balik, Bandara Soetta Tambah Area Parkir

Parkir Bandara Internasional Soekarno - Hatta | Foto: twitter PT Angkasa Pura Propertindo @APPropertindo
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Puncak arus balik Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang diprediksi akan terjadi pada akhir pekan ini, Sabtu 8 Juni dan Minggu 9 Juni 2019. Untuk mengantisipasinya, pengelola Bandara Internasional Soekarno – Hatta Tangerang Banten menambah fasilitas area parkir.

Chairul selaku Chief Of Officer Incharge Bandara Soekarno – Hatta di Tangerang mengatakan, penambahan area parkir ini untuk mengantisipasi adanya keluarga yang menjemput. Kemudian, juga untuk mengantisipasi terjadinya kedatangan penumpang di waktu yang bersamaan sehingga tak ada kemacetan di area kawasan Bandara Soetta.

Menurutnya, diperkirakan banyak penumpang memilih kembali usai libur Lebaran di akhir pekan dikarenakan awal pekan depan sudah mulai aktif bekerja.

Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang tersebut, pengelola Bandara Soekarno-Hatta akan menyediakan beberapa sarana pendukung, seperti troli, petugas informasi, dan juga moda transportasi massal berupa bus dan kereta bandara.

“Area parkir sudah kita tambah demi kelancaran saat arus balik nanti. Jadi, tak ada lagi kendaraan yang parkir sembarangan saat menjemput sebab sudah tersedia semuanya,” ujarnya, seperti dikutip dari Antara, Jumat (7/6).

Terkait pengamanan, Chairul menuturkan jika saat ini masih ditetapkan siaga 1 pasca
pengumuman hasil pemilu. Sehingga, pengamanan di Bandara Soetta pun melibatkan unsur kepolisian dan TNI dengan total mencapai 3.000 personil gabungan.

Baca juga: Batik Air Buka Rute Penerbangan Baru di BIY

Selain itu, Bandara Soetta pun memiliki 2.200 CCTV yang berfungsi untuk melakukan pengawasan dalam tindakan kejahatan.

Penumpang diminta tetap waspada dalam menjaga barang bawaan sehingga selamat sampai tujuan. “Jika membutuhkan informasi, kita sudah siapkan petugas untuk membantu,” ujarnya.

Terkait jumlah penumpang, Chairul belum bisa mengatakan lebih detail. Sebab, ada penumpang yang juga memilih balik lebih awal dan menghindari potensi kepadatan pada akhir pekan. “Nanti pendataan akan kami lakukan setiap waktu,” ucapnya.

Posko Idul Fitri Bandara Soekarno-Hatta akan terus mencatat jumlah penumpang arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri sejak H-7 hingga H+7.

Sementara itu, jumlah penumpang di Bandara Soekarno – Hatta Tangerang Banten selama kurun waktu dari H-7 hingga H-1 tercatat sebanyak 1.206.253 penumpang.

Sementara itu, untuk jumlah pesawat yang dioperasikan selama kurun waktu yang sama yakni H-7 hingga H-1 mencapai sembilan ribu pesawat dengan rata – rata setiap hari sebanyak 1.000 penerbangan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*