Puncak Arus Mudik Diprediksi Hari Ini, One Way Mulai Pukul 06.00 WIB

puncak arus Mudik
Arus mudik di Tol Cikampek | Foto: twitter fahrul anam @fahrul_anams
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksikan puncak arus Mudik 2019 terjadi pada hari ini, Jumat (31/5), mengingat sejumlah perusahaan swasta sudah mulai meliburkan karyawannya besok (1/6).

Meski demikian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) besok (1/6) masih harus masuk kantor untuk upacara Hari Lahir Pancasila. Sehingga diperkirakan ada dua gelombang mudik yang besar yakni Jumat-Sabtu.

“31 Mei puncaknya, kalau besok mungkin agak lebih turun jumlahnya,” katanya, seperti dikutip dari satu stasiun televisi swasta.

Gelombang arus mudik sudah mulai terjadi sejak kemarin. Sistem satu arah di tol Trans Jawa dari mulai Cikampek hingga Brebes Barat. Hari ini one way diberlakukan mulai pukul 06.00 WIB untuk mengantisipasi pemudik yang berangkat setelah sahur.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga memprediksi puncak volume arus mudik yang melintas di Gerbang Tol Palimanan Utama terjadi pada hari ini atau H-5 Idul Fitri 1440 H. Mereka juga memperkirakan kenaikan volume kendaraan naik 12 persen dibanding tahun lalu.

Deputi General Manager HR & General Affair Jasa Marga Cabang Palikanci, Zakaria, mengatakan akan ada 80.912 kendaraan yang melintas pada H-5 Lebaran di GT Palimanan Utama.

Dibanding rata-rata jumlah kendaraan pada hari biasa sekitar 14.282 kendaraan, volume kendaraan di puncak arus mudik ini meningkat 455 persen.

Titik-titik rawan macet di sepanjang Tol Palikanci berada di Off Ramp GT Ciperna Barat, On Ramp GT Palimanan 3, dan Off Ramp GT Kanci. Sementara di tempat peristirahatan, Jasa Marga menyebut titik rawan macet berada di Rest Area 207 A arah Brebes.

Baca juga:  Ribuan Pemudik Mulai Berdatangan di Semarang

Jasa Marga mengantisipasi keadaan itu dengan menambah kapasitas transaksi GT dengan menambah gardu transaksi. Mereka juga menambah personel pengatur lalu lintas, rambu-rambu petunjuk arah, dan petugas kebersihan.

Penambahan tempat peristirahatan juga ditempuh untuk mengatasi potensi membeludaknya pemudik di tempat-tempat yang sudah ada. Tempat peristirahatan sementara disiapkan di KM 204 Jalan Tol Palikanci. Lalu berkenaan dengan penerapan satu jalur di jalan tol, Jasa Marga berjanji menambah rambu-rambu yang memudahkan pengendara.

Sementara itu, menjelang puncak arus mudik lebaran 2019, operator Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) PT Lintas MArga Sedaya (LMS) memprediksi volume kendaraan yang akan melalui jalan trans tersebut mencapai 104 ribu unit.

“Bahkan bisa lebih tinggi,” kata VP Director LMS Firdaus Azis di Cirebon kemarin.

Tahun lalu, kata Firdaus, pada puncak arus mudik lebaran kendaraan yang melintas tercatat 90 ribu per hari. Sementara untuk tahun ini, kata dia, sejak H-10 hingga H-6 lebaran 2019 sudah 188 ribu kendaraan melintas di Tol Cipali.

Hal berbeda dinyatakan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Refdi Andri. Menurutnya hari ini memang kepadatan pemudik namun diperkirakan belum puncaknya.

Polri sendiri baru memprediksi puncak arus mudik lebaran 2019 terjadi pada Minggu (2/6) atau hari H-3 lebaran. Lebaran diperkirakan jatuh pada Rabu (5/6).

“Walaupun pemerintah memberikan libur nasional dan cuti bersama yang panjang, tetapi puncak mudik adalah H-3 Lebaran,” kata Refdi di Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/5) dikutip dari Antara. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*