fbpx Press "Enter" to skip to content

PT Jasa Marga Targetkan Bangun 200 KM Tol Baru Tahun Ini

Senin, 14 Januari 2019
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – PT Jasa Marga Tbk semakin optimistis dalam pengembangan infrastruktur jalan tol pada tahun ini, setidaknya ada 200 kilometer lagi penambahan jalan tol baru untuk dioperasikan.

Corporate Secretary PT Jasa Marga Tbk  Agus Setiawan mengatakan setelah berhasil mengoperasikan jalan tol baru sepanjang 323,2 km hingga akhir tahun 2018, tahun ini Jasa Marga menargetkan dapat menambah 200 km jalan tol baru lagi.

“Targetnya, akan ada penambahan 200 kilometer lagi jalan tol baru yang akan dioperasikan tahun ini,” katanya seperti dikutip dari Kontan.co.id, Minggu (13/1).

Agus menambahkan untuk dapat memenuhi target tersebut, pihaknya akan menyelesaikan beberapa proyek yang belum rampung pengerjaan konstruksinya di tahun 2018.

Adapun proyek tersebut di antaranya ruas tol Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 172 kilometer yang merupakan bagian dari proyek tol Trans Jawa. Progres proyek Tol Probowangi saat ini masih dalam tahap awal pembebasan tanah.

“Kami juga akan mengupayakan untuk menyelesaikan jalan tol Koridor JORR2 yakni Cinere – Serpong sepanjang 10,14 km, Serpong-Kunciran sepanjang 11,19 km dan Kunciran-Cengkareng sepanjang 14,2 km yang ditargetkan bisa beroperasi di kuartal I atau semester I tahun ini,” ujarnya.

Baca juga: PT Jasa Marga Diminta Perluas Tempat parkir di Rest Area Tol Trans Jawa

Selain itu, kata Agus Jasa Marga juga akan mengupayakan penyelesaian ruas Pandaan-Malang, Balikpapan – Samarinda, dan sebagian ruas Manado – Bitung. Seperti diketahui, hingga akhir tahun 2018 lalu, Jasa Marga telah berhasil mengoperasikan 323,2 km tol baru. Sehingga total jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga hingga akhir tahun 2018, adalah sepanjang 998,4 km.

Tidak hanya itu, kata Agus, Jasa Marga juga berencana mengikuti tender ruas tol yang diusung oleh Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT). Terutama untuk ruas yang sudah mendapat prakarsa dari pemerintah seperti tol akses Patimbangan dan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

“Terkait BPJT, Jasa Marga mengusulkan ruas prakarsa dan saat ini ruas yang sudah mendapat surat prakarsa dari Pemerintah adalah jalan tol akses Patimban dan jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk jalan tol akses Patimban dan ruas Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap menggunakan skema konsorsium dimana JSMR sedang melengkapi dokumen prakarsa. “Kalau dokumen prakarsa sudah lengkap, tahapan selanjutnya tinggal menunggu BPJT untuk melaksanakan tender investasinya,” tutupnya. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id