Lulus Uji Laik Operasi Jalan Tol Solo-Ngawi Siap Diresmikan

Tol solo
Jalan Tol Solo-Ngawi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Proyek pembangunan Jalan Tol Solo-Ngawi telah selesai 100% dan telah mengantongi uji laik operasi, dengan demikian jalan bebas hambatan sepanjang 90,43 kilo meter tersebut siap diresmikan.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo-Ngawi, David Wijayatno mengatakan sesuai dengan Surat Dirjen Bina Marga No.JL02.01-Db/1/11/PDJD/2018, jalan bebas hambatan sepanjang 90,43 kilometer ini sudah laik beroperasi.

Dengan demikian, lanjut David pihaknya tinggal menunggu peresmian Jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi.

“Jalan Tol Solo-Ngawi yang Seksi Solo-Sragen itu sudah diresmikan sepanjang 35 km. Seksi Sragen-Ngawi sepanjang 51 km semua sudah selesai, semua administrasi juga sudah selesai, tinggal menunggu jadwal Pak Presiden kapan bisa diresmikan,” ujarnya dalam siaran pers Rabu (14/11).

Seperti diketakui, Jalan Tol Solo-Ngawi dikelola oleh salah satu kelompok usaha Jasa Marga, yakni PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN).

Jalan Tol Solo-Ngawi terbagi atas tiga seksi, yakni Seksi 1 Ngawi-Klitik sepanjang 4 km sudah beroperasi sejak 30 Maret 2018, Seksi 2 Solo-Sragen (35 km) sudah diresmikan 17 Juli 2018, dan Seksi 3 Sragen-Ngawi (51 km) yang sudah siap diresmikan.

Baca juga: Destinasi Jelajah Gua di Gunungkidul yang Memacu Adrenalinmu

Dengan nilai investasi mencapai Rp 11,34 triliun, masa konsesi jalan tol ini adalah 40 tahun dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) berkisar 82,82 persen.

Jalan bebas hambatan Solo-Ngawi menghubungkan Kabupaten Boyolali, Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen di Jawa Tengah dan Kabupaten Ngawi di Jawa Timur.

Untuk memudahkan mobilisasi pengguna, jalan tol ini dilengkapi dengan delapan Gerbang Tol (GT), yakni GT Colomadu, GT Bandara Adi Sumarmo, GT Ngemplak, GT Purwodadi, GT Karanganyar, GT Sragen, GT Sragen Timur dan GT Ngawi.

Sementara itu, di sela-sela Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa, Menteri BUMN Rini M Soemarno, didampingi Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, sekaligus Desi memberikan penjelasan. “Keberadaan jalan tol ini dapat membawa berbagai manfaat bagi masyarakat sekitar,” terangnya.

Sejumlah manfaat tersebut antara lain meningkatkan aksesibilitas wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, menggerakkan roda perekonomian wilayah-wilayah di sekitar jalan tol, memperlancar distribusi barang dan jasa, serta mendorong sektor pariwisata di Solo Raya.

“Jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh dari Solo menuju Ngawi dari dua jam menjadi hanya satu jam,” pungkas Desi. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*