Gempa 7 SR Kembali Guncang Lombok

guncang lombok
Banyak bangunan roboh di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur. Gempa kembali mengguncang Lombok dan sekitarnya, Minggu (19/8) siang pukul 11.06 WIB (6,5 SR) dan malam pukul 21.56 WIB (7 SR) | Foto istimewa/BNPB/linakasih
Mari berbagi

JoSS, LOMBOK – Gempa bumi dengan kekuatan 7 SR kembali mengguncang Lombok dan daerah sekitarnya pada Minggu (19/8) pukul 21.56 WIB. BMKG melaporkan gempabumi berkekuatan 7 SR dengan pusat gempa di laut, 30 km timur laut Lombok Timur NTB. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Sebelumnya, di hari yang sama pada pukul 11.06 WIB terjadi gempa susulan dengan kekuatan 6,5 SR yang mengguncang Lombok yang menimbulkan korban jiwa dan kerusakan. Pusat gempa berada di darat sehingga menimbulkan guncangan keras di Lombok Timur yang paling dekat pusat gempa.

Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan pihaknya telah melakukan konfirmasi ke BPBD untuk mengetahui dampak gempa.

Dia menuturkan guncangan gempa dirasakan keras Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Lombok Barat dan Kota Mataram selama 5-10 detik. Gempa dirasakan sedang di Bali seperti di Jembrana, Kota Denpasar, Karangasem, Badung, Gianyar, Bangli, Kulungkung dan Buleleng selama 5-10 detik. Gempa juga dirasakan ringan di Jawa Timur bagian timur dan Makassar.

“Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah di Lombok. Sebagian masyarakat histeris karena merasakan guncangan gempa yang lebih keras dibandingkan sebelumnya,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima JoSS.co.id Minggu (19/8) malam.

Sutopo menjelaskan, masyarakat menceritakan mereka mendengar suara gemuruh yang kemungkinan berasal dari longsoran di perbukitan dan Gunung Rinjani. Belum dapat dipastikan dampak gempa karena listrik padam dan komunikasi mati di Lombok Timur.

Sutopo menjelaskan kondisi listik PLN padam di seluruh Lombok. Kondisi gelap gulita sehingga menyulitkan untuk memperoleh informasi dampak gempa.

guncang lombok
Sejumlah bangunan rumah ambruk akibat gempa yang kembali guncang Lombok | Foto : istimewa/BNPB/linakasih

Gubernur NTB telah menghimbau pada masyarakat Lombok untuk tetap waspada dan tenang. Bagi masyarakat di sekitar Sembalun dan Sambelia Lombok Timur agar menjauhi perbukitan. Masyarakat agar menjauhi bangunan dan rumah yang sudah tidak memenuhi standar keamanan.

Baca juga : 15 Negara Keluarkan Travel Advice Ke Lombok

“Aktivitas pendidikan pada berbagai tingkatan agar diliburkan sampai batas waktu yang ditentukan kemudian,” kata Gubernur NTB Tuan Guru Bajang.

Gempa dirasakan keras di Lombok Timur yang paling berdekatan dengan pusat gempa. Gempa dirasakan VI MMI di Lombok Timur. Berdasarkan laporan dari aparat di Lombok Timur belum dapat dipastikan berapa korban jiwa dan kerusakan. Situasi listrik padam. Gempa susulan masih terasa. Warga mengamankan diri dan mengungsi di lapangan yang ada dan menjauhi bangunan-bangunan.

Di Kecamatan Sembalun Lombok Timur, evakuasi warga yang sedang dirawat di Pustu Sembalun menuju Rumah sakit Lapangan Yonkes di Lapangan Sembalun. Masyarakat juga diarahkan mengungsi di lapangan Sembalun. Beberapa rumah dan bangunan roboh.

“Banyak bangunan roboh di Kecamatan Sambelia. Masyarakat berkumpul di lapangan dan di tempat yang aman. Masyarakat merasakan trauma dengan gempa,” kata Sutopo.

Kepala BNPB Willem Rampangilei telah berkoodinasi dengan Panglima TNI terkait pengiriman bantuan logistik dan peralatan menyusul gempa susulan 7 SR. Pesawat-pesawat Hercules TNI di Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta dan Lanud Abdurahman Saleh di Malang disiapkan untuk mengangkut bantuan. Demikian juga kapal KRI jika diperlukan.

“Menteri BUMN akan lebih meningkatkan operasi pasar beras dan kebutuhan-kebutuhan dasar di Lombok,” kata Willem. (lna) 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*