Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi: Pandemi Bisa Jadi Peluang Indonesia Kejar Ketertinggalan

Foto: setneg.go.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengajak semua pihak untuk memanfaatkan pandemi covid-19 ini sebagai momentum mengejar ketertinggalan dengan negara lain. Krisis akibat pandemi membuat kehancuran perekonomian negara-negara maju yang masuk dalam jurang resesi.

Menurut Presiden, krisis perekonomian dunia juga terparah dalam sejarah. Ekonomi negara-negara maju bahkan minus belasan persen, sampai minus 17 persen sampai minus 20 persen.

Diketahui baik kondisi ekonomi nasional, maupun global mengalami kontraksi. Jokowi mengatakan di kuartal pertama 2020, pertumbuhan ekonomi nasional mash tumbuh sebesar 2,97 persen. Namun, di kuartal kedua terjun bebas hingga minus 5,32 persen.

Dalam situasi ini, Jokowi menilai kemunduran banyak negara besar ini bisa menjadi peluang dan momentum bagi kita untuk mengejar ketertinggalan.

“Kemunduran banyak negara besar ini bisa menjadi peluang dan momentum bagi kita untuk mengejar ketertinggalan,” kata Jokowi dalam pidato kenegaraan di Sidang Paripurna DPR/MPR, Jumat (14/8/2020).

Baca juga: Wiku: Jangan Tanya Kapan Pandemi Berakhir, Pernah Ada Pandemi Selama 43 Tahun Di Bumi

Jokowi bahkan mengibaratkan perekonomian negara -negara di dunia yang tengah tertekan akibat pandemi Covid-19 seperti komputer yang sedang macet.

“Ibarat komputer, perekonomian semua negara saat ini sedang macet, sedang hang. Semua negara harus menjalani proses mati komputer sesaat, harus melakukan re-start, harus melakukan re-booting,” papar Jokowi.

Sebanyak 215 negara, tanpa terkecuali, sedang menghadapi masa sulit diterpa pandemi Covid-19. Dalam catatan WHO, sampai dengan tanggal 13 Agustus kemarin, terdapat lebih dari 20 juta kasus di dunia, dengan jumlah kematian di dunia sebanyak 737.000 jiwa.

“Saatnya kita bajak momentum krisis untuk melakukan lompatan-lompatan besar,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan pada usia ke-75 tahun ini, Indonesia telah menjadi negara Upper Middle Income Country. Dia pun berharap 25 tahun lagi, atau di usia seabad, Indonesia dapat menjadi negara maju.

“25 tahun lagi, pada usia seabad Republik Indonesia, kita harus mencapai kemajuan yang besar, menjadikan Indonesia Negara Maju,” kata Jokowi. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*