Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

62.142

63.749

2%

Kasus Baru

1.447

1.607

11%

Update: 5 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Diungsikan di Bunker Saat Demo di Gedung Putih Memanas, Trump Dijuluki ‘Bunker boy’

Kolase Donald Trump - Demo kematian warga kulit hitam, George Floyd di Gedung Putih | Foto: mirror.co.uk/globalnews.ca
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, WASHINGTON DC – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan keluarganya dilaporkan sempat dilarikan ke ruang perlindungan bawah tanah (bunker), ketika massa pengunjuk rasa kematian warga kulit hitam, George Floyd mengepung Gedung Putih pada Jumat pekan lalu.

Seperti dilansir CNN, Senin (1/6), menurut sumber peristiwa itu mengatakan para ajudan membawa Trump ke bunker dan berlindung selama satu jam. Setelah itu Trump dibawa ke ruangannya ketika situasi sudah terkendali. Mereka juga membawa ibu negara, Melania, dan anak bungsu Trump, Barron, ke bunker.

“Jika status keamanan di Gedung Putih sudah mencapai merah, maka presiden harus dipindahkan ke Pusat Operasi Darurat (EOC). Melania Trump, Barron Trump dan seluruh anggota keluarga presiden juga harus dipindahkan,” kata sumber itu.

Menurut laporan The New York Times, Trump memuji tindakan Pasukan Pengamanan Kepresidenan AS (Secret Service) terhadap kondisi pada saat itu.

Aksi orang nomor satu di Amerika Serikat ini memicu beragam komentar dari para netizen, yakni muncul julukan ‘bunker boy’.  Bahkan aksi ejek Trump ini pun ramai di Twitter dengan mengusung tagar #BunkerBoy.

Tak cukup dengan kata-kata bernada ejekan, netizen pun melengkapinya dengan meme berupa gambar atau video singkat. “#BunkerBoy ingin tahu jika sudah aman untuk keluar,” cuit pemilik akun @Lindstr7.

“Lagu-lagu hip hop dan pop dengan judul #BunkerBoy akan dirilis seiring berjalannya waktu,” tulis akun @adebowalesonubi.

Pemilik akun @xadrianax99 mengunggah potongan video rapper Cardi B saat ingin menggambarkan ekspresi “Donald Trump saat dia melihat apa yang terjadi di luar Gedung Putih.” Dalam cuitannya, ia tak lupa menyertakan #BunkerBoy.

Selain soal aksi sembunyi Trump, Gedung Putih yang gelap pun jadi sasaran. Gedung yang sejatinya jadi ‘markas’ Trump malah seperti ditinggal kabur pemiliknya.

Baca juga: 1.990 WNI di Lokasi Demo di Amerika Serikat Dipastikan Dalam Kondisi Aman

“Trump mematikan lampu seperti dia kehabisan permen buat Halloween. #BunkerBoy,” cuit akun @Jeffssd5777Trav. “Dia mematikan lampu?? Hei @realDonaldTrump, mereka pemrotes, bukan pelaku trick-or-treat. #BunkerBoy,” tulis akun @AD_PhD.

Aparat kepolisian dilaporkan berhasil memukul mundur dan membubarkan para pengunjuk rasa yang berada di depan Gedung Putih.

Sebanyak 40 kota dan 15 negara bagian di AS saat ini menerapkan jam malam untuk meredam gelombang demonstrasi.

Bahkan di beberapa kota, pemerintah setempat meminta bantuan kepada korps pasukan Garda Nasional untuk membantu pengamanan bersama-sama polisi

Kelompok peretas Anonymous mengunggah video berisi ancaman akan membongkar kejahatan yang dilakukan anggota Kepolisian Minneapolis, Minnesota, terkait dengan kematian George Floyd yang memicu aksi demonstrasi dan kerusuhan di sejumlah daerah di AS.

Petugas kepolisian Minneapolis, Derek Chauvin, yang menekan leher Floyd dengan lutut saat penangkapan hingga tersangka kehabisan napas dijerat dengan sangkaan pembunuhan tingkat tiga.

Kasus Floyd memicu aksi demonstrasi yang berujung kerusuhan dan penjarahan di Minneapolis, Atlanta, San Francisco, Miami, dan Denver.

Kasus tersebut saat ini ditangani langsung oleh Kepala Kejaksaan Minnesota, Keith Ellison. “Kami akan menegakkan keadilan seadil-adilnya,” kata Ellison. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*