Adi Kurdi Meninggal Dunia Karena Stroke dan Pembengkakan Otak

Foto: antaranews/kumparan
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aktor senior Agustinus Adi Kurdi meninggal dunia di usia 71 tahun, Jumat (8/5) pukul 11.31 WIB. Pemeran Abah dalam serial sinetron Keluarga Cemara ini meninggal dunia karena stroke dan pembengkakan otak.

Hal itu dikonfirmasi oleh penulis naskah ternama Harry Tjahyono. Dia mengatakan Adi Kurdi yang telah menjadi sahabatnya sejak 1980-an itu meninggal dunia karena stroke dan ada pembengkakan otak.

“Adi Kurdi meninggal Jumat jam 11.31 WIB tadi. Saya dengar informasi meninggal di RS Poin, sekitar Depok,” katanya, seperti dikutip dari Wartakota.com.

Dia menjelaskan selama ini Adi Kurdi itu diketahui sakit glaukoma, mengalami kebutaan dalam waktu yang lama. Meski demikian Adi Kurdi masih bisa main di film ‘Terima KAsih Emak, Terima KAsih Abah’.

Syuting film Terima Kasih Abah Terima Kasih Emak garapan Alimi Pictures mempertemukan kembali dirinyadengan Adi Kurdi.

“Tapi selama syuting film itu saya lebih sering ketemu Novia Kolopaking,” kata Harry yang mengenal baik Adi Kurdi sejak 1980-an.

Adi Kurdi memulai kariernya sebagai pemain teater. Sekitar 1970, Adi Kurdi mulai bergabung dengan Bengkel Teater pimpinan dramawan kenamaan WS Rendra.

Baca juga: Roy Kiyoshi Ditangkap Polisi Karena Kasus Narkoba

Kepiawaian Adi Kurdi berteater sempat dipercaya oleh WS Rendra sebagai pemeran utama dalam pementasan teater Kisah Perjuangan Suku Naga yang terkenal.

Di jagat teater Indonesia, nama Adi Kurdi bisa jadi jaminan sukses bagi sebuah pementasan. Meski sudah banyak berkecimpung di dunia layar lebar, Adi Kurdi tetap dipandang sebagai salah satu pemain pentas yang berkarakter.

Boleh jadi, karena bakat akting di atas panggung itulah yang menjadikan nama Adi Kurdi jadi pembicaraan di kalangan sineas Indonesia kala itu.

Penampilan Adi Kurdi di layar lebar mulai menarik perhatian orang semenjak ia membintangi film Gadis Penakluk (1980). Di film itu, nama Adi Kurdi masuk dalam nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 1981.

Di tahun yang sama, namanya kembali diperhitungkan atas perannya di film Putri Seorang Jendral karya sutradara Wim Umboh, meski hanya berperan sedikit saja.

Redupnya dunia perfilman nasional tidak menguburkan nama Adi Kurdi. Alumnus School of Art, Theater Program New York University, ini juga turut mewarnai dunia sinetron Indonesia dengan berperan di berbagai judul sinetron. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*