Transmisi Lokal Penyebaran Covid-19 Diduga Mulai Terjadi Di DIY

Ilustrasi penyemprotan disinfektan | Foto: gatra.com
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Tingkat penyebaran virus corona di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini terus melonjak. Hal ini diduga telah terjadi transmisi lokal yang di bawa oleh para pendatang yang tidak terdeteksi positif atau tidak menunjukkan gejala.

Hal itu diungkapkan Pakar Kesehatan UGM Riris Andono Ahmad. Seperti diketahui, sesuai aturan Kementerian Kesehatan, transmisi lokal sudah dikatakan terjadi apabila ada penularan kasus Covid-19 dari generasi kedua ke ketiga di suatu wilayah.

“Sebagai contoh, warga Jogja (disebut generasi kedua) apabila tertular virus selama ia tinggal di Jogja dari orang lain yang datang dari luar (atau disebut generasi pertama). Lalu generasi kedua tersebut menularkan lagi ke generasi ketiga atau orang lain di wilayahnya,” ujarnya.

Dia menilai, bila dilihat dari kurva outbreak Corona di DIY, ada indikasi telah terjadi transmisi lokal. Hal itu terlihat dari tren peningkatan cukup tinggi kasus positif Covid-19 di DIY. Seperti diketahui, kasus Covid-19 di DIY terus melonjak. Dari awalnya ditemukan hanya satu kasus pada pertengahan Maret, kini sudah menjadi 61 kasus. Puncak tertinggi untuk sementara ditemukan sebanyak tujuh kasus dalam sehari.

Baca juga: Duh! Penyebaran Corona di DIY Naik Signifikan, Warga Malah Berkeliaran

“Kalau kita melihat kurva outbreak. outberak kan punya pola tertentu. Awalnya peningkatan kasusnya pelan, kemudian ada peningkatan yang eksponensial. Ketika naik pelan bisa jadi sebagian besar kasus impor, tapi ketika ada peningkatan secara eksponensial ada indikasi sudah ada transmisi lokal di populasi tersebut. Ini kita sudah melihatnya [peningkatan pesat],” kata Tim Respons Covid-19 UGM yang biasa disapa dokter Doni itu, Selasa (14/4).

Doni yang juga Direktur Pusat Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM ini menjelaskan yang terpenting harus dilakukan pemerintah atau dinas terkait yakni menemukan kasus transmisi lokal tersebut, melakukan penelusuran secara ketat serta penegakan diagnosa melalui tes Covid-19 secara cepat dan memadai.

Selama ini Pemda DIY berkali-kali membantah belum ada kasus transmisi lokal di DIY. Seluruh kasus Covid-19 di wilayah ini diklaim sebagai kasus impor dari luar daerah.

“Kalau kasus positif impor menularkan kepada seseorang, maka baru dua generasi. Selain itu harus dengan kajian epidemiologi siapa menularkan ke siapa.Dinamika penularannya harus jelas,” kata Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih, Selasa (14/4) seperti dikutip dari HarianJogja.com. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*