Seluruh Wilayah AS Terjangkit Corona, Arab Saudi Minta Warga Tak Salat Berjamaah di Masjid

Foto: aljazeera.com
Mari berbagi

JoSS, AMERIKA SERIKAT – Seluruh wilayah AS sudah tertular virus Corona, setelah West Virginia sebagai negara bagian ke -50 yang terakhir melaporkan temuan kasus pertama virus mematikan itu. Sementara Pemerintah Arab Saudi meminta warga untuk tidak salat berjamaah di masjid.

Dikutip dari Tempo.co, hingga kemarin, pandemik virus Corona di AS telah menewaskan 100 orang dan 5.359 kasus. Illinois sebagai negara bagian yang terbaru melaporkan kasus kematian hingga Selasa kemarin. Sehingga sudah 18 negara bagian yang melaporkan kasus kematian korban virus Corona.

Para ahli meminta warga AS tetap tinggal di rumah dan menghindari tempat-tempat keramaian seperrti bar dan restoran. AS membatasi pertemuan maksimal 10 orang.

Washington merupakan negara bagian AS yang pertama terjangkit virus Corona. Sudah 944 pasien dinyatakan positif tertular dan 53 orang dilaporkan tewas. Sebanyak 37 negara bagian di AS telah menutup aktivitas sekolah.

Rumah sakit apung milik angkatan laut AS dan fasilitas rumah sakit bergerak akan segera dikerahkan untuk mendukung penanganan virus Corona.

AS dan Kanada juga bersiap untuk membuat pernyataan bersama untuk menangguhkan perjalanan yang tidak penting antar kedua negara dalam 24 jam atau 48 jam ini. Hal ini bertujuan mengendalikan penularan virus corona di kedua negara.

Baca juga: RI Tangguhkan Penerbitan Visa Selama Satu Bulan

Sementara itu Pemerintah Arab Saudi memutuskan menunda pelaksanaan salat berjamaah di seluruh masjid di Kerajaan Arab Saudi, kecuali di dua masjid suci di Kota Makkah dan Madinah. Pengumuman itu disampaikan pada Selasa, (17/3) yang sekaligus mendorong umat Muslim yang ada di Arab Saudi agar salat di rumah ketimbang di masjid-masjid demi menghindari penyebaran virus corona atau COVID-19.

Imbauan agar tidak menggelar salat berjamaah di masjid-masjid, juga termasuk pada pelaksanaan salat Jumat. Hanya Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang masih boleh melaksanakan salat berjamaah.

“Pintu-pintu masjid akan ditutup sementara, namun pengurus masjid masih boleh mengumandangkan azan,” tulis Kerjaan Arab Saudi, seperti dikutip dari arabnews.com.

Petugas menggunakan masker saat membersihkan lantai Masjidil Haram setelah mewabahnya virus corona di Mekah, Arab Saudi, 3 Maret 2020. Arab Saudi menutup dua lokasi tersebut bagi jamaah asing dan wisatawan dari sekitar 25 negara guna membendung penyebaran virus corona. REUTERS/Ganoo Essa

Dalam imbauannya, Kerjaan Arab Saudi juga meminta agar salah satu bacaan dalam azan ‘mari kita salat (dimasjid)’, tidak diganti menjadi ‘salat di rumah’. Frasa baru dalam azan juga bisa diterjemahkan sebagai ‘salatlah dimana pun kamu berada.

Pernyataan Kerajaan Arab Saudi menekankan d oa yang biasa dipanjatkan pada salat Jumat, bisa diucapkan saat mereka salat di rumah (salat Jumat).

Jumlah pasien yang terjangkit virus corona di Arab Saudi, naik. Situs english.alarabiya.net mewartakan, ada 15 tambahan kasus baru sehingga total pasien COVID-19 di Arab Sauid 133 kasus per Selasa kemarin. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*