Pilkada Solo, Suara PAN dan PKS Pecah

Ilustrasi | Foto: faktualnews.co/net
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum mengumumkan bakal calon yang diusung dalam Pilkada 2020. Meski demikian sejumlah partai telah mendeklarasikan merapat ke Gibran Rakabuming Raka. Setelah Golkar, kini sebagian suara Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Solo juga telah menyatakan mendukung putra sulung Presiden Jokowi itu.

Meski sebelumnya PAN menyatakan dukungannya untuk mendukung pencalonan pasangan PUGUH, namun tidak demikian untuk kader muda PAN dan PKS.

Ketua DPD PAN Solo, Achmad Sapari sebelumnya telah menyatakan akan mendukung pencalonan Achmad Purnomo dan Teguh Prakoso oleh PDIP. Meski begitu, ada beberapa pengurus partai yang justru menemui cawali lain dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka.

Informasi itu disampaikan Sekretaris DPW PAN Jawa Tengah (Jateng), Umar Hasyim, juga Ketua MPP PAN Solo di Warung Makan Pecel Madiun, di Kerten, Laweyan, Solo, Rabu (11/3).

“Desk Pilkada DPD PAN Solo sudah bergerak, sudah pendekatan ke tokoh-tokoh yang muncul, termasuk ke Gibran. Kami ada pendekatan ke sana. Artinya PAN masih sangat cair, terbuka untuk semua kemungkinan,” ujar dia.

Menurut Umar sah-sah saja setiap kader PAN untuk melakukan pendekatan (komunikasi) politik dengan parpol atau figur-figur yang muncul. Sebab pada akhirnya nanti sikap partai akan ditentukan melalui rapat pengurus DPD Solo.

“Untuk menentukan sikap PAN apakah mau bergabung dengan PDIP atau membangun koalisi gabungan parpol itu nanti diputuskan dalam rapat DPD Solo. Sebelum ada rapat itu, komunikasi kami jalin dengan semua,” imbuh dia.

Baca juga: PDIP Sudah Tetapkan Calon Untuk Pilkada Solo, Siapa Yang Kantongi Rekomendasi?

Umar menyarankan agar saat rapat DPD PAN Solo untuk menentukan sikap dalam Pilkada 2020 juga melibatkan unsur DPD PAN Jateng. Tujuannya agar setiap keputusan yang diambil tidak mengalami masalah dalam penerapannya.

“Selain rapat pengurus harian menentukan sikap politik, PAN mempunyai mekanisme rapat pleno yang diperluas untuk menentukan figur-figur yang akan diusung sebagai cawali-cawawali Solo. Rapat dipimpin DPW Jateng,” kata dia.

Disinggung adanya pernyataan selama ini yang menyebutan PAN Solo mendukung sosok Achmad Purnomo sebagai cawali Solo dari PDIP, Umar menegaskan hal itu baru sikap kader secara pribadi, belum sikap resmi PAN Solo.

“Secara institusional partai, PAN belum menentukan sikap politik dan menentuka figur yang akan diusung atau didukung. Sikap politik yang sudah disuarakan sebelumnya sebatas pandangan pribadi kader PAN Solo,” pungkasnya seperti dikutipd ari Solopos.com.

Kondisi serupa dialami PKS Solo. Kendati secara resmi DPD PKS Solo sudah menetapkan tiga kader sebagai figur potensial cawali/cawawali berdasarkan mekanisme penjaringan, tapi Kaukus Muda PKS Solo terus merapat dukung Gibran di Pilkada 2020.

Koordinator Kaukus Muda PKS Solo, Didik Hermawan menghadiri kegiatan Ngopi Bareng Gibran Rakabuming di Haluan Kopi di Kompleks Beteng Trade Center (BTC) Pasar Kliwon.

Didik menyatakan Kaukus Muda PKS memang mengusulkan agar DPD PKS Solo mengusung/mendukung Gibran sebagai cawali Solo. Usulan tersebut akan disampaikan secara resmi kepada DPD dalam waktu dekat. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*