Dinkes Solo Catat Jumlah ODP Virus Corona Capai 2.795 Orang

Ilustrasi | Foto: tempo.co
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Kepala Dinkes Kota Solo, Siti Wahyuningsih menyatakan jumlah orang dalam pengawasan (ODP) virus corona di Solo mencapai 2.795 orang. Untuk itu masyarakat diimbau untuk disiplin tetap tinggal di rumah.

Menurutnya angka tersebut termasuk tinggi dibandingkan dengan daerah lain di Jateng, untuk itu, Dinkes Solo akan memantau kondisi mereka dan akan menyelidiki lebih jauh tingginya angka ODP ini. Data itu dihimpun dari puluhan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di Solo.

“Jadi ada 2.795 ODP. Itu orang batuk pilek tapi tidak ada sesak nafas. Kami minta mereka melakukan pembatasan diri karena di Solo sudah ada yang sakit,” katanya usai melakukan kooordinasi jarak jauh dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Senin (23/3).

Sesuai pengertian dari Kementerian Kesehatan, ODP adalah orang yang mengalami gejala ringan hingga sedang dan pernah mengunjungi daerah terjangkit. Dalam hal ini, Solo termasuk daerah terjangkit sehingga semua orang sakit batuk dan flu dapat dikategorikan sebagai OPD.

Baca juga: Lima RS di Solo Ditunjuk Jadi Rujukan Membantu RSUD Dr Moewardi Dalam Penanggulangan Covid-19

Ia mengakui angka tersebut relatif tinggi mengingat hanya ada 6 warga Solo yang positif virus corona. Dia mengatakan akan mengecek ulang akurasi data itu. “Siapa tahu ini overdiagnosis,” kata wanita yang akrab disapa Ning ini.

Meski ada kemungkinan overdiagnosis, Ning mengingatkan 2.795 ODP di Solo untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Hal itu penting untuk memutus penularan virus Covid-19 di kota asal Presiden Joko Widodo.

“Kalau rantai penularan itu kita putus, lebih cepat terkendali,” katanya. Ning juga meminta semua warga masyarakat untuk tidak keluyuran kecuali untuk keperluan yang sangat penting. Pun jika keluar rumah mereka diminta disiplin melakukan social distancing atau menjaga jarak agar penularan virus Covid-19 segera tertangani.

Selain 2.795 ODP, saat ini ada 19 Pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di beberapa rumah sakit di Solo. Empat di antaranya adalah warga Solo sedangkan 15 lainnya berasal dari daerah sekitar Solo. Sedangkan pasien positif Corona tercatat 6 orang dengan tiga orang meninggal dunia. Saat ini mereka dirawat di RSUD dr Moewardi. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*