COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

125.396

127.083

2%

Kasus Baru

1.893

1.687

-11%

Update: 10 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Hipertensi Mulai Serang Usia Muda, Ini Saran Dokter

Ilustrasi | Foto: chinadaily.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi kini tak hanya dialami oleh orang berusia tua, penyakit yang bisa memicu komplikasi lain itu kini mulai menyerang usia muda. Gaya hidup dan kemajuan zaman diduga menjadi pemicu.

Wakil Ketua 1 Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia, dr Erwinanto, SpJP(K), FIHA, mengatakan kemajuan zaman membuat anak muda lebih sering terpapar faktor risiko, sehingga mengakibatkan terkena hipertensi.

“Orang muda itu cenderung terkena faktor risiko lebih banyak. Mungkin kalau orang tua lebih bisa menahan, kalau anak muda itu makan banyak, diabetes, terus ngerokok jadi karena gaya hidup,” kata dr Erwinanto, Senin (24/2), seperti dikutip dari detikhealth.

Dia menambahkan anak muda yang sudah mengalami hipertensi akan lebih mudah terkena berbagai macam penyakit kardiovaskular bila tak cepat ditangani dengan baik.

“Kalau dia sudah terpapar dengan hipertensi dengan sendirinya semakin lama dia terpapar, dia akan lebih berisiko mengalami strike, serangan jantung dan gagal ginjal yang lebih tinggi,” pungkasnya.

Gaya hidup sehat adalah kebutuhan. Tak terkecuali olahraga, yang bisa membuat tubuh akan senantiasa bugar dan sehat. Namun untuk para pengidap hipertensi tidak boleh sembarangan memilih jenis olah raga.

Baca juga: Makan Durian Sambil Ngopi Berbahaya? Begini Faktanya

Ahli jantung dan pembuluh darah dari RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr Ario Suryo Kuncoro, SpJP(K) mengatakan bahwa tekanan darah bisa mencapai 260 mmHg dan berisiko pembuluh darah pecah. Jika terjadi, bisa menyebabkan kematian mendadak.

“Tapi bukan berarti mereka yang hipertensi nggak boleh olahraga, mereka tetap harus olahraga tapi dengan porsinya yang dikontrol. Olahraga tidak disarankan jika sudah melebihi 200 tekanan darahnya,” katanya.

Dikutip dari WebMD, berikut ini beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh para pengidap hipertensi.

1. Berenang

Berenang termasuk jenis olahraga yang bersifat tidak terlalu intens, namun baik untuk kesehatan jantung dan pengidap hipertensi.

Berdasarkan penelitian The American Journal of Cardiology, 12 minggu melakukan renang sebanyak 3-4 kali dalam seminggu bisa menekan hipertensi. Hal itu dapat menurunkan tekanan darah sistolik, terutama untuk para lansia.

2. Jalan kaki

Berjalan kaki juga bisa jadi olahraga lho, khususnya untuk pengidap hipertensi. Dengan rutin jalan kaki, jantung dan pembuluh darah bisa lebih sehat.

Selain itu, bisa juga melindungi tubuh dari risiko diabetes dan juga kolesterol.

Baca juga: Manfaat Madu Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Coba

3. Bersepeda

Bersepeda juga bisa mengatasi atau mencegah terjadinya hipertensi. Cukup dengan bersepeda selama 30 menit, jantung akan bekerja lebih efektif dalam memompa darah. Sehingga tekanan darah bisa turun secara signifikan.

4. Yoga

Selain bersepeda, yoga juga ternyata baik untuk menurunkan tekanan darah. Meskipun tidak turun terlalu banyak, tapi sudah cukup untuk mengurangi risiko penyakit jantung sebanyak 7 persen dan risiko stroke sebesar 10 persen.

5. Aerobik

Aerobik bukan hanya untuk orang-orang yang bugar saja, tapi para pengidap hipertensi juga bisa.  Aerobik meliputi berbagai gerakan ritmik yang dilakukan secara berulang-ulang. Hal itu melibatkan kelompok otot besar pada tubuh, seperti kaki, bahu, hingga lengan. (lna)

1 Komentar

  1. Penderita Diabetes makin banyak, dan ternyata tidak harus nunggu usia tertentu melainkan usia mudapun sudah banyak yang kena. Olah raga teratur dan pola makan yang sehat saja ternyata tidak cukup untuk menghindari penyakit Diabetes

    Salah satu penemuan terkini yaitu konsumsi Jahe Hitam bisa sebagai obat diabetes yang sangat disarankan oleh para ahli untuk pengobatan dan pencegahan penyakit Diabetes secara alami

    Jahe Hitam terbukti memiliki kandungan ampuh untuk mengatasi luka Diabetes dan menstabilkan gula darah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*