Kelelahan Dapat Memicu Serangan Jantung? Ini Kata Pakar

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Kabar menghebohkan datang dari Anggota Komisi I DPR RD Adian Napitupulu yang dilaporkan terkena serangan jantung saat berada di pesawat dalam penerbangan dari Jakarta menuju Palangkaraya.

Dia diduga kelelahan karena berangkat terlalu pagi, yakni take off sekitar pukul 5 pagi. Namun benarkah kelelahan dapat memicu serangan jantung?

dr Anwar Santoso, SpJP dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) mengatakan meski kelelahan bukan menjadi faktor utama kematian, namun tubuh yang terlalu dipaksa untuk bekerja akan menyebabkan masalah lain yang menjadi pemicu kematian seperti stroke dan serangan jantung.

“Kita bisa merasa lelah dari waktu ke waktu, namun para ahli mengatakan kelelahan ekstrem bisa menjadi tanda ada sesuatu yang salah, “ katanya seperti dikutip dari detikHealth.com.

Dia menambahkan, serangan jantung terjadi sekitar 9 menit. 50 persen bisa tertolong pada waktu 4,5 menit. Setelah itu akan terjadi kegagalan jantung yang menyebabkan kematian.

Rasa lelah tanpa alasan atau penyebab bisa mulai beberapa bulan sebelum serangan jantung, sehingga jika kamu merasakannya maka sangat penting untuk melihat dokter sesegera mungkin.

Penyakit jantung adalah kondisi ketika jantung mengalami gangguan fungsi, bisa pada pembuluh darah, katup, maupun detak jantung. Mengenali penyebab-penyebab sakit jantung bisa membuat Anda terhindar dari risiko yang mematikan.

Baca juga: Makan Durian Sambil Ngopi Berbahaya? Begini Faktanya

Penyakit jantung menjadi fokus kesehatan di berbagai negara, baik maju maupun berkembang. Penyakit yang acap kali disebabkan oleh penyakit jantung koroner ini merupakan salah satu penyakit dengan tingkat kematian tertinggi di dunia.

Penyakit jantung koroner biasanya dipicu oleh penumpukan kolesterol sehingga membentuk plak pada dinding arteri dalam jangka waktu yang cukup lama. Lama-kelamaan penumpukan itu akan menyumbat aliran darah. Gangguan tersebut dikenal sebagai aterosklerosis.

Penyakit yang tergolong silent killer ini jarang sekali menunjukkan gejala awal namun dapat menyebabkan kematian. Banyak faktor risiko, seperti kondisi atau kebiasaan gaya hidup yang tak sehat dapat memperbesar peluang terkena penyakit jantung.

Penting untuk memahami apa saja penyebab sakit jantung sekaligus tindakan apa yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko terkena penyakit ini. Ada 11 faktor risiko utama penyakit jantung diantaranya: usia, suara bising, keturunan biologis, kesepian, diabetes, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*