Ngesti Pandawa

Makan Durian Sambil Ngopi Berbahaya? Begini Faktanya

Ilustrasi | Foto: steemkr.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Musim durian telah tiba, si ‘Raja Buah’ itu kini bisa dengan mudah dijumpai, di pinggir jalan yang dijajakan di atas bak mobil pick up, atau di lapak-lapak durian. Aromanya yang menyengat dan legit rasa manis cenderung pahit ini membuat orang ketagihan untuk menikmatinya.

Di sebuah lapak durian di daerah Gunung Pati Semarang, durian disajikan dengan aneka minuman seperti es teh dan kopi. Makan durian sambil minum kopi? Bukankah mitos di masyarakat mengkonsumsi durian dan kopi bersamaan bisa menyebabkan kematian.

Lalu bagaimana pendapat pakar terkait dampak makan durian dan minum kopi bersamaan?

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan minum kopi dan makan durian di waktu yang berdekatan seharusnya tidak akan langsung menyebabkan serangan jantung atau bahkan kematian. Bisa jadi hal ini justru disebabkan oleh kondisi seeorang yang mungkin sebenarnya sudah memiliki kondisi kesehatan jantung dan pembuluh darah yang buruk sebelumnya sehingga konsumsi kopi dan durian bisa berakibat fatal.

Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperhatikan kondisi jantung setelah minum kopi atau makan durian. Jika sampai mengalami gejala jantung berdebar-debar, sebaiknya segera menghentikan konsumsinya dan memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Ternyata Ini Penyebab, Tubuh Sering Drop Saat Memasuki Cuaca Dingin

Meskipun rasanya nikmat, durian memiliki banyak sekali mitos yang belum tentu sesuai dengan fakta medis. Salah satunya adalah adanya anggapan durian bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol.

Prof. Ir. Ahmad Sulaeman dari Institut Pertanian Bogor (IPB) menyebut durian sebagai sumber energi, vitamin C, dan serat yang baik bagi kesehatan.

“Sayangnya selama ini durian dianggap sebagai salah satu buah yang bisa menyebabkan datangnya penyakit seperti hipertensi atau kolesterol tinggi. Gara-gara hal ini banyak orang yang takut untuk makan durian. Padahal, asalkan tidak berlebihan durian justru bisa memberikan manfaat kesehatan,” ucap Prof. Ir. Ahmad.

Prof. Ir. Ahmad juga membantah anggapan bahwa durian bisa menyebabkan masalah kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh durian yang sebenarnya tidak memiliki kolesterol sama sekali. Justru, di dalam durian terdapat kandungan fitosterol yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Meskipun begitu, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk membatasi durian sebanyak tiga butir saja setiap hari. Hal ini disebabkan oleh kadar kalori dan lemaknya yang cukup tinggi.

Jika kita mengonsumsinya lebih banyak dari jumlah tersebut, dikhawatirkan kita justru akan mengalami kenaikan berat badan. Konsumsi durian juga sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering atau sesekali saja. Gimana, ga takut lagi konsumsi durian sambil ngopi kan? (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*