6 Cara Efektif Untuk Menurunkan Kadar Trigliserida

Ilustrasi | Foto: deherba
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Kadar trigliserida yang tinggi sama bahayanya dengan kolesterol. Ada beberapa penyebab yang membuat kadar trigliserida menjadi tinggi, di antaranya kondisi tertentu seperti adanya penyakit diabetes, penyakit hati, dan penyakit tiroid.

Namun, umumnya kadar trigliserida yang tinggi dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat. Jika gaya hidup adalah pemicunya, maka ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar trigliserida sebelum terlambat.

Berikut ini beberapa cara efektif untuk menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

1. Kurangi Asupan Karbohidrat Olahan

Menurut American Heart Association, makan berlebihan adalah salah satu penyebab paling umum dari trigliserida tinggi.

Pakar diet bersertifikat Erin Palinski-Wade menekankan pentingnya mengutamakan pilihan makanan yang lebih sehat dan membatasi karbohidrat sederhana seperti yang ditemukan dalam roti putih, pasta, kue, kue, dan banyak makanan ringan.

“Karena kelebihan gula diubah menjadi trigliserida dalam aliran darah, makan makanan tinggi karbohidrat olahan dapat menyebabkan lonjakan kadar trigliserita. Bantulah diri Anda sendiri dengan mengganti makanan karbohidrat sederhana dengan makanan terbaik, ini untuk jantung Anda,” kata Palinski-Wade seperti dikutip dari healthy.com.

2. Mulailah Berolahraga

Salah satu jawaban terbaik untuk pertanyaan bagaimana menurunkan trigliserida adalah membakar lebih banyak kalori melalui olahraga.

Pernyataan Ilmiah dari American Heart Association (AHA) menyatakan bahwa aktivitas yang cukup intensif, dikaitkan dengan kadar trigliserida 20 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan tidak ada aktivitas.

“Selain itu, olahraga membantu meningkatkan kolesterol HDL yang baik, yang membantu mengurangi kadar trigliserida,” kata Palinski-Wade.

Dalam sebuah studi di jurnal Sports Medicine, latihan aerobik terbukti memiliki dampak terbesar pada penurunan kadar trigliserida.

3. Kurangi Konsumsi Gula saat Makan dan Minum

Jika kita menikmati sebatang coklat namun masih menyeduh kopi dengan gula, maka bisa dibilang kita kecanduan gula. Terlalu sering mengonsumsi gula jelas tidak baik untuk kadar trigliserida.

Baca juga: Kurangi Asupan Daging Untuk Jaga Kadar Gula Darah

“Gula tambahan apa pun dapat menyebabkan lonjakan kadar TG, baik dari makanan dan minuman,” kata Palinski-Wade.

4. Konsumsi Lebih Banyak Serat

Diet rendah karbohidrat telah terbukti menurunkan kadar trigliserida. Tetapi Anda tidak perlu menghilangkan asupan karbohidrat sepenuhnya, pilihlah  mengonsumsi biji-bijian dan buah-buahan yang dikemas dengan nutrisi dan serat. Sayuran seperti brokoli, kentang, dan wortel juga merupakan sumber serat yang baik.

“Karbohidrat tinggi serat, kompleks harus tetap menjadi bagian dari rencana makan Anda, karena makan makanan yang kaya serat dapat membantu mengurangi penyerapan gula dan lemak di usus kecil,” urai Palinski-Wade.

5. Hindari Lemak yang Tidak Sehat

Selain gula, penyebab utama trigliserida lainnya adalah lemak tidak sehat. “Lemak trans, yang sering ditemukan dalam makanan olahan dan goreng, dapat meningkatkan kadar TG dan meningkatkan risiko penyakit jantung, jadi ini harus dibatasi sebanyak mungkin,” tegas Palinski-Wade, seperti dikutip dari Orami.

6. Sebaliknya, Makanlah Lemak Sehat

Mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda telah terbukti membantu mengurangi kadar trigliserida.

Makan alpukat dan memasak dengan minyak zaitun sebagai pengganti mentega adalah cara yang bagus untuk menambahkan lemak sehat ini ke dalam dietkita. Minyak zaitun juga mengandung asam lemak lain yang dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 48 persen. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*