fbpx

Resmi Jabat Sekda DIY, Ini Pekerjaan Berat Yang Harus Diselesaikan Baskara Aji

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji resmi menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DIY. Pelantikan dilakukan di Bangsal Kepatihan, kompleks Kepatihan, Jogja oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Rabu (6/11).

Sejumlah pekerjaan yang telah menunggunya, yakni penyelesaian sejumlah proyek strategis hingga persoalan banyaknya pejabat yang akan pensiun.

Sultan HB X menjelaskan penetapan Sekda telah melalui fit and proper test hingga riset rekam jejak yang bersangkutan selama menjadi PNS. Baskara Aji dinilai memiliki kemampuan persuasif agar proses internalisasi gagasan baru dapat dilaksanakan serta memperoleh dukungan dari pihak luar.

“Seorang Sekda harus mampu berperan sebagai achievement driver, harus produktif dalam mengidentifikasi potensi yang memiliki nilai tambah dan memacu agar OPD memenuhi tugas tepat waktu. Selain itu juga harus menjalankan tugas dengan ekstra ketat, agar menjadi role model yang menginspirasi OPD,” kata Sultan.

Selain itu, lanjut Sultan, Sekda juga harus mampu berperan sebagai akselerator pembangunan, di antaranya terkait dengan konektivitas ke arah DIY dan akses Jogja-Solo-Semarang hingga penyelesaian pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dan Pelabuhan Tanjung Adikarta Kulonprogo, serta Marine Techno Park dan Agro Techno Park.

Baca juga: Awas, Medsos Anggota Dewan di Jogja Bakal Diawasi BK DPRD DIY

“Kemudian masih ada Kawasan Ekonomi Khusus [KEK] berbasis industri kreatif, Jalan Tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen, serta kawasan Strategis Keistimewaan DIY seperti pelestarian aspek sosial-budaya, dan historis,” ucap Sultan, seperti dikutip dari Harianjogja.com.

Tantangan lain yang bakal dihadapi oleh Baskara Aji sebagai Sekda DIY yang baru, menurut Sultan seperti banyaknya aparatur sipil negara (ASN) yang pensiun sehingga harus piawai melakukan kaderisasi kepemimpinan.

Itulah sebabnya, sebagai Sekda DIY, Baskara dituntut memudakan sikapnya dengan banyak berkomunikasi dan memberi tugas pejabat eselon III untuk mengukur kemampuan bibit pemimpin baru. Sehingga pada saatnya terjadi suksesi kepemimpinan, sudah siap satu angkatan kelompok pemimpin baru yang memiliki vitalitas dan kemampuan tangguh.

Sekda DIY R. Kadarmanta Baskara Aji mengaku siap melaksanakan sejumlah pekerjaan rumah yang dibebankan. Ia mengatakan butuh dukungan semua OPD dalam menuntaskan pekerjaan tugas yang belum diselesaikan Sekda sebelumnya.

Di sisi lain, sebagai orang baru di Setda DIY, ia harus berkoordinasi lebih intens dengan berbagai perangkat OPD yang akan diagendakan dalam waktu dekat ini. Dengan melihat sejumlah pekerjaan tersebut, ia menilai semua harus menjadi fokus penyelesaian dengan mengedepankan prioritas.

“Semua harus dilakukan penjadwalan, mana yang prioritas ke depan diselesaikan dahulu yang waktunya bisa ditunda ya ditunda, kalau bareng ya sinergi dengan teman OPD untuk melaksanakan tugas. Toh tugas itu bukan hanya untuk saya saja tetapi seluruh OPD,” katanya. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *