fbpx

Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Mandi air dingin di pagi hari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain menyegarkan dan membuat Anda bersemangat menjalani hari-hari, mandi air dingin ternyata bisa meredakan flu.

Ini tujuh manfaat mandai pagi untuk kesehatan:

1. Memberikan energi sepanjang hari

Sebuah penelitian menyatakan bahwa mandi air dingin di pagi hari memberikan dampak positif terhadap tubuh seperti energi meningkat dan bahkan lebih tinggi dari efek kafein.

Tinginya kadar oksigen akan membuat kinerja jantung menjadi lebih baik dan berikutnya akan menyalurkan energi untuk aktivitas sepanjang hari.

2. Menghilangkan depresi

Ketika reseptor kulit menerima dinginnya air, maka pada saat yang sama reseptor akan mengirimkan sinyal yang besar menuju otak.

Manfaatnya, otak akan menciptakan efek seperti anti depresian yang akan menghilangkan pikiran depresi dan memperbaiki mood.

3. Meredakan flu

Hasil penelitian di Belanda menyatakan bahwa mandi air dingin di pagi hari dapat mengurangi terserangnya virus influenza.

Baca juga: Dahsyatnya Manfaat Jahe Bagi Tubuh

4. Mengobati nyeri otot

Efek dari air dingin dapat mencegah dan mengobati nyeri otot setelah berolahraga. Selain itu, beberapa penelitian menemukan bahwa perendaman air dingin mengurangi keterlambatan timbulnya nyeri otot setelah aktivitas fisik yang terlalu kuat.

5. Menurunkan berat badan

Tak hanya menyegarkan tubuh, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa mandi air dingin efektif untuk menurunkan berat badan. Suhu dingin terbukti dapat meningkatkan aktivasi lemak dalam tubuh.

Dalam Journal of Clinical Investigation disebutkan bahwa orang-orang yang menghabiskan dua jam per hari dalam suhu 18.9 derajat celcius, kehilangan berat badan 0,5 – 1 kilogram dalam tempo enam minggu.

6. Menghilangkan pegal tubuh yang menyiksa

Air dingin memang sudah terkenal dapat meredakan rasa lelah akibat aktivitas seharian, serta mempercepat proses penyembuhan.

7. Mengurangi stres

Mandi air dingin di pagi hari dapat meningkatkan toleransi tubuh akan stres dan beragam penyakit.

Saat air dingin diguyurkan ke tubuh, semacam antioksidan bernama gluthatione akan mengajak antioksidan lain bekerja secara maksimal dan tubuh akan tahan banting dari stres dan tekanan lain. (lna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *