Duh, Asap Karhutla Indonesia Sampai ke Thailand, Pemerintah Keluarkan Imbauan Ini

Lapisan kabut tebal menyelimuti Bangkok pusat, Thailand, Senin, 30 September 2019. | Foto: ctvnews.ca
Mari berbagi

JoSS, BANGKOK – Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Indonesia sampai ke Bangkok hingga menyelimuti kawasan wisata terkenal di Thailand, Phuket. Kualitas udara mencapai tingkat tidak sehat dan memaksa pemerintah setempat mengeluarkan imbauan penggunaan masker bagi warga yang keluar rumah.

Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha mengimbau warganya untuk memakai masker saat beraktivitas di luar rumah karena kabut asap di Thailand, terutama Bangkok, kian parah.

“Pagi ini, tingkat polusi di banyak daerah di Bangkok mencapai PM2,5 yang berarti melebihi level standar. Saya meminta lembaga-lembaga terkait melakukan rencana yang telah dipersiapkan sebelumnya, termasuk meminta kerja sama dari pabrik industri dan kontraktor mengurangi aktivitas yang bisa memperburuk polusi udara,” kata Prayut di Twitter, belum lama ini.

“Bagi warga yang perlu pergi ke luar rumah dimohon untuk menggunakan masker penutup hidung. #Dust PM25,” tambahnya.

Dikutip The Straits Times, berdasarkan situs pemantau kualitas udara AirVisual, polusi udara Bangkok mencapai yang terburuk ketiga pada Senin sekitar pukul 09.45 waktu setempat.

Sejumlah pejabat Thailand mengatakan kabut asap yang menebal terjadi akibat pola musim panas saat ini menghambat pergerakan angin.

Peningkatan polusi udara juga disebabkan emisi pabrik-pabrik industri dan aktivitas pembangunan, pembakaran tanaman, hingga asap kendaraan. Belakangan, sebagian kawasan Asia Tenggara juga diselimuti kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan di Indonesia.

Baca juga: 4 Perusahaan Malaysia Jadi Penyebab Karhutla di Indonesia, Ini Sikap Mahatir Mohamad

Meski titik api di Indonesia berangsur menurun, kabut asap akibat karhutla di Sumatera dan Kalimantan sempat mencapai wilayah Thailand, terutama kawasan wisata terkenal Phuket.

“Kabut asap melingkupi Phuket setiap tahun akibat kebakaran lahan di Indonesia. Tahun ini merupakan yang terparah karena tidak ada hujan,” ujar seorang Charn Jindachote, pejabat Departemen Pencegahan dan Mitigasi Bencana Phuket.

Charn melontarkan imbauan ini setelah Indeks Kualitas Udara (AQI) di Phuket dilaporkan menembus angka 158. Berdasarkan skala AQI, 0-50 menunjukkan kualitas udara baik, 51-100 menengah, 101-200 tidak sehat, 201-300 sangat tidak sehat, dan 301 ke atas berarti berbahaya.

Menurut Charn, kabut asap lebih pekat di daerah pantai ketimbang kawasan kota Phuket. Ia pun mengimbau warga untuk selalu memakai masker ketika keluar dari ruangan. Ia juga meminta warga untuk selalu memastikan pintu dan jendela tertutup rapat sebelum meninggalkan rumah atau ruangan lainnya.

Dikutip dari CNNIndonesia, selain Phuket, kawasan selatan Thailand juga terperangkap kabut asap dari Indonesia. Asap tebal dilaporkan terlihat di distrik Hat Yai, Songkhla, di mana AQI mencapai 93.

Tak hanya Thailand, kabut asap akibat karhutla di Indonesia juga sebelumnya dilaporkan sudah mencapai Malaysia dan Singapura.

Begitu pekat kabut asap tersebut, Malaysia sampai-sampai menutup ratusan sekolah dua pekan lalu. Namun memasuki pekan ini, pemerintah Malaysia dilaporkan sudah kembali membuka sebagian sekolah tersebut (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*