Duh 90% Kebakaran Hutan di Jateng Karena Ulah Manusia

Ilustrasi | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah mengungkapkan 90% Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Jateng karena ulah manusia. Kasus yang terjadi di Gunung Merbabu dipicu oleh pembakaran dupa yang ditinggalkan begitu saja.

Kepala DLHK Jateng Teguh Dwi Paryono mengatakan kebanyakan Karhutla terjadi saat masyarakat saat membuka lahan. Kendati demikian, karena tidak dipantau api tertiup angin dan akhirnya membesar.

Teguh mencontohkan salah satu kejadian yang diduga ulah manusia adalah kebakaran di Gunung Merbabu yang hingga hari ini tak kunjung padam. Merbabu terdapat tempat melakukan ritual.

Orang datang ritual membawa sajen dan kemudian membakar hio atau dupa, yang kemudian ditinggal dalam keadaan masih menyala, sehingga saat angin bertiup, api lekas membesar. Apalagi pohon pinus itu mengkasilkan minyak yang mudah terbakar.

Baca juga: Polisi Bakal Tindak Tegas Pelaku Pembakaran Hutan

“Nah di Merbabu itu rata-rata pohon Pinus yang getahnya menghasilkan Gondorukem atau minyak, makanya api lebih cepat membesarnya dan lama,” kata Teguh, seperti dikutip dari Kabar24.

Sementara terkait pemadaman, Teguh membenarkan penundaan penggunaan Water Bombing untuk memadamkan kebakaran di Gunung Merbabu.

“Kita sudah upayakan ke Dirjen Kehutanan juga untuk bisa menganggarkan supaya bisa pakai chopper. Tapi pusat masih fokus untuk Sumatra dan Kalimantan. Jadi kita maksimalkan secara manual,” ujarnya.

Sementara itu, Teguh membeberkan luasan yang terbakar di Gunung Merbabu telah mencapai 468 hektare. Sementara, kebakaran teranyar yang melanda kawasan di Gunung Sumbing, wilayah Temanggung belum dipetakan. Hingga kini api belum padam.

“Merbabu itu kemiringan medannya jadi kendala. Api bukan dari atas ke bawah, tapi dari bawah ke atas. Kita berdoa semoga lekas hujan dan padam,” kata Teguh. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*