fbpx Press "Enter" to skip to content

Dikabarkan Meninggal, Kondisi BJ Habibie Kini Membaik

Selasa, 10 September 2019
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto menegaskan kondisi kesehatan Presiden ketiga Republik Indonesia itu semakin membaik. Penjelasan tersebut sekaligus membantah kabar yang menyebut Habibie meninggal dunia.

“Aman terkendali, terima kasih,” kata Rubijanto, seperti dikutip dari Antara, Selasa (10/9).

Informasi tak benar tentang  BJ Habibie meninggal beredar melalui pesan di Facebook. Pesan itu disebarluaskan melalui perpesanan WhatsApp. Pesan tersebut mulai muncul Selasa pukul 12 malam tadi. Namun dihapus sekitar pukul 05.00 WIB.

Habibie kini tengah menjalani perawatan intensif di ruangan CICU lantai 2, Gedung Utama RSPAD sejak Senin, (2/9).

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama mengatakan, pihak istana negara telah menyiapkan 44 dokter Kepresidenan untuk merawat Presiden ketiga Indonesia, Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie yang sedang menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

“34 tim panel ahli, ahli di bidang macam-macam, jantung, otak dan sebagainya lengkap. Semua spesialis kedokteran lengkap di sana ada 34 orang, kemudian ada dokter pribadi presiden berjumlah 10 orang,” ujar Setya dikutip dari Liputan6.com.

Baca juga: Lama Tak Muncul, SBY Bakal Berpidato Politik Pada Inagurasi Kader Partai Demokrat

Setya menjelaskan, pemerintah juga akan menanggung seluruh biaya perawatan BJ Habibie. Seluruh fasilitas yang diberikan kepada mantan presiden tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978, tentang Hak Keuangan atau Administrasi Presiden dan Wakil Presiden serta mantan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Selain itu, Presiden, Wakil Presiden serta mantan Presiden Wakil Presiden juga berhak mendapat pelayananan kesehatan di rumah sakit rujukan utama yakni RSPAD Gatot Soebroto, RS TNI AU, RS TNI AL, RS Polri, dan RS PMI Bogor.

“Hal ini juga di-cover pemerintah seluruhnya. Pembiayaan dimanapun Beliau dirawat,” kata dia.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto, dr Terawan Agus Putranto  mengatakan kondisi BJ Habibie dalam perawatan intensif. “Keluarga yang menunggu semua menantu dan cucu beliau beserta adik-adik Pak Habibie dan adiknya Bu Ainun,” kata Terawan.

Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Prof dr. Azis Ranimenyebut Habibie masuk RSPAD sejak 1 September 2019. Sejak dirawat, Habibie ditangani tim dokter spesialis jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

“Dalam perawatan sekarang diperlukan pengobatan yang komprehensif, mencakup berbagai gangguan organ yang terjadi. Saat ini, masih dalam pengawasan ketat dan harus beristirahat. Mohon doa dari semua pihak agar beliau segera diberikan kesembuhan dan kesehatan sehingga dapat beraktivitas kembali,” kata dia. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id