Awal 2020, Kawasan Kota Lama Semarang Bebas Kendaraan

Kawasan Kota Lama Semarang | Foto: facebook Irawati Wardhani
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bakal menerapkan kebijakan car free zone (bebas kendaraan) untuk kawasan Kota lama Semarang pada awal 2020 mendatang. Sejumlah rencana disiapkan di antaranya pengadaan kanrong-kantong parkir.

Menurut Hendi, penerapan kebijakan tersebut dilakukan untuk merespon keluhan warga yang merasa terganggu dengan lalu lalang kendaraan di sana. Kurangnya kantong parkir juga menjadi kenala bagi masyarakat untuk berkunjung ke kawasan tersebut.

“Menurut rencana, sekitar awal tahun 2020 sudah bisa diterapkan kebijakan car free zone di sini,” papar Hendi.

Untuk itu, Hendi mengaku pihaknya tengah menyiapkan lima kantong parkir buat pengunjung kawasan yang kini karib disebut Kota Lama Little Netherland itu. “Seperti depan Satlantas, depan Sendowo, bekas PTP, bekas Damri, dan satu titik lagi masih dicari,” terang Hendi.

Nantinya, sejumlah kantong parkir tersebut akan dikelola secara resmi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dengan tujuan agar tarif parkir tidak memberatkan wisatawan.

Untuk pengoperasiannya, Hendi berencana akan merekrut petugas parkir yang bertugas saat ini dan digaji oleh Pemkot Semarang. Sebagai informasi, usai revitalisasi tahap pertama, Kawasan Kota Lama kini menjelma menjadi arena hiburan baru di Semarang.

Adapun dalam menelurkan sebuah kebijakan, Hendi mengaku selalu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta, dari pemilik gedung di Kawasan Kota Lama, investor, sampai warga setempat.

Baca juga: Belajar Dari Rusia, Kawasan Kota Lama Diusulkan Bebas Kendaraan

”Revitalisasi harus menyentuh aktivitas usaha ekonomi dan kegiatan sosial masyarakat” tutup Hendi.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengusulkan agar Kawasan Kota Lama Semarang bebas dari semua kendaraan bermotor. Sehingga para pengunjung merasa lebih nyaman.

“Belajar dari Rusia, Kawasan Kota Lama akan lebih cantik ketika semua bebas dari kendaraan, gedung-gedung hidup. Menjadi tempat kreativitas, ‘car free day zone’ setiap hari, parkiran disiapkan,polusi dihilangkan,” katanya, belum lama ini.

Ganjar menyebutkan kunjungan kerja ke Rusia beberapa waktu lalu membawa catatan dan harapan untuk mengubah Kawasan Kota Lama Semarang menjadi seperti gambaran denyut keseharian Kota Lama Arbat di Moskow, Rusia.

Dalam kunjungannya tersebut, Ganjar juga mengaku terpukau dengan sungai yang mengelilingi kota tua di Rusia, di mana pada salah satu sudut ada jembatan kecil yang bisa dibuka tutup.

Orang nomor satu di Provinsi Jateng itu membayangkan, Kawasan Kota Lama Semarang benar-benar menjadi “kota lama” yang nyaman dan mengesankan. Hanya sepeda onthel yang diizinkan menjadi transportasi untuk berlalu lalang dari satu titik ke titik yang lain.

Semua kendaraan bermotor harus parkir di tempat yang khusus disediakan oleh Pemerintah Kota Semarang. Ganjar pun mengusulkan Jembatan Berok yang berada di Kawasan Kota Lama Semarang bisa dibuka tutup kembali seperti zaman dulu dan Sungai Semarang bisa dilalui perahu-perahu untuk berwisata di wilayah tersebut. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*