Fenomena ‘Embun Upas’ Jadi Magnet Wisatawan Ke Dieng

Ilustrasi | Foto: surya.co.id
Mari berbagi

JoSS, DIENG – Suhu di bawah nol derajat celsius yang melanda Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng dalam beberapa hari terakhir membuat hamparan embun beku atau warga setempat biasa disebut embun upas. Fenomena ini ternyata menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang penasaran dengan hawa dingin di wilayah tersebut.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa, Alif Faozi mengatakan embun upas atau embun beku yang muncul saat musim kemarau menjadi destinasi wisata baru di KWDT Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, kata

“Dalam satu minggu terakhir, embun upas muncul hingga tiga kali termasuk tadi pagi. Oleh karena telah viral, fenomena embun upas ini menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke Dieng,” katanya seperti dikutip dari Antara, Minggu (23/6).

Hal itu terlihat dari ratusan penginapan (homestay) yang ada di KWDT Dieng khususnya di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, penuh oleh wisatawan yang menginap untuk sekadar menyaksikan fenomena embun upas.

Baca juga: Candi Yang Berada di Dieng Ternyata Candi Hindu Tertua

Menurut dia, embun upas tersebut sering kali muncul ketika suhu udara di KWDT Dieng pada dini hari hingga pagi hari di bawah 0 (nol) derajat Celsius.

“Kalau di dalam rumah masih sekitar 5 derajat Celsius, tapi kalau di luar bisa di bawah 0 derajat Celcius. Oleh karena itu, saat sekarang banyak warga yang meletakkan termometer dinding mereka di luar rumah untuk membuktikan kepada wisatawan kalau suhu udaranya di bawah 0 derajat Celsius,” katanya.

Lebih lanjut, Alif mengakui jika fenomena embun upas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan sehingga mereka mendatangi Dieng yang secara kebetulan posisinya berada di puncak gunung.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelola Objek Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara Aryadi Darwanto mengatakan embun upas kembali muncul pada Minggu (23/6) pagi di lapangan sebelah timur kompleks Candi Arjuna karena suhu udara saat itu mencapai minus 2 derajat Celsius.

“Banyak wisatawan yang datang untuk menyaksikan fenomena embun upas di Dieng,” katanya.

Menurut dia, suhu udara terendah di Dieng pada musim kemarau tahun 2019 sempat mencapai minus 7 derajat Celsius, sedangkan pada Sabtu (22/6) pagi tercatat minus 5 derajat Celcius. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*