fbpx Press "Enter" to skip to content

Jokowi Temui Raja Salman, Kuota Haji Bertambah 10.000

Senin, 15 April 2019
Mari berbagi

JoSS, RIYADH – Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Arab Saudi untuk memenuhi undangan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud membuahkan hasil menggembirakan. Pasalnya jumlah kuota haji Indonesia mendapat tambahan sebanyak 10.000 jemaah.

Keputusan penambahan kuota haji ini disampaikan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud pada Presiden Joko Widodo saat bertemu di Istana Pribadi Raja di Riyadh, Minggu, 14 April 2019. Penambahan kuota itu kembali ditegaskan oleh Putra Mahkota Kerajaan Saudi Muhammad bin Salman saat bertemu Jokowi.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mengapresiasi penambahan kuota haji sebesar 10.000 orang yang diberikan Pemerintah Arab Saudi. Penambahan kuota haji akan mengurangi daftar tunggu.

“Ini akan mengurangi daftar tunggu jemaah haji Indonesia yang saat ini rata-rata mencapai 18 tahun. Bahkan di daerah Sulawesi Selatan, daftar tunggu jemaah haji mencapai 40 tahun,” kata Ace di Jakarta, Senin, 15 April 2019.

Keputusan penambahan kuota haji ini disampaikan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud pada Presiden Joko Widodo saat bertemu di Istana Pribadi Raja di Riyadh, Minggu, 14 April 2019. Penambahan kuota itu kembali ditegaskan oleh Putra Mahkota Kerajaan Saudi Muhammad bin Salman saat bertemu Jokowi.

Baca jugaTak Seperti Biasanya, Gibran dan Kaesang Ikut Kunjungan Sang Ayah

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini? Politikus Partai Golkar itu menyebut penambahan kuota haji merupakan upaya diplomasi Presiden secara khusus kepada Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi. Ditambah faktor kedekatan diplomatik kedua negara.

“Kalau bukan karena memiliki kedekatan diplomatik antara Pemerintah Indonesia di bawah Kepemimpinan Presiden Jokowi dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi saat ini, penambahan ini sulit untuk dilakukan. Karena itu, sebagai Pimpinan Komisi VIII, kami patut mengapresiasi atas hasil kunjungan Presiden Jokowi ke Arab Saudi ini,” ujar dia.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Istana Pribadi Raja di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu, 14 April 2019.

Jokowi tiba pada pukul 13.50 waktu setempat dan langsung disambut oleh Raja Salman di halaman depan Istana Pribadi Raja (Al-Qasr Al-Khas) tersebut. Presiden dan Ibu Iriana sempat berbincang sebentar dengan Raja Salman di ruang tunggu utama.

Selain bertemu Raja Salman, Jokowi bertemua denganPutra Mahkota Kerajaan Saudi Muhammad bin Salman. Dalam pertemuan,Putra Mahkota menghargai stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik.

Putra Mahkota menyampaikan lagi keputusan penambahan kembali kuota haji sebanyak 10.000 orang bagi Indonesia.Putra Mahkota juga menyampaikan kembali, Arab Saudi tertarik melakukan kerja sama di bidang energi dan petrokimia. Presiden Jokowi juga menyampaikan Indonesia ingin menjadi bagian dari pelaksanaan Vision 2030 Arab Saudi. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id