fbpx Press "Enter" to skip to content

Manfaat Temulawak yang Dikonsumsi Jokowi Tiap Pagi

Senin, 1 April 2019
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Jika sebelumnya, Cawapres Sandiaga Uno viral membawa-bawa botol berisi cairan infused lemon water, berbeda dengan Capres petahana Joko Widodo yang terbiasa meminum air rempah. Temu lawak adalah salah satu rempah yang setiap pagi dikonsumsi Jokowi.

Dikatakannya, bahwa meminum temu lawak pada pagi hari merupakan salah satu persiapan yang dilakukannya jelang Debat Capres di Shangri-La Hotel, Jakarta, Sabtu malam, (30/3).

Temulawak sudah digunakan sejak dulu untuk dibuat minuman tradisional herbal, yaitu jamu. Bagian temulawak yang dipakai untuk diolah ialah akar.

Rasa dan warna oranye yang khas membuat temulawak banyak dikonsumsi masyarakat. Rempah yang banyak tumbuh di Indonesia ini ternyata menyimpan segudang manfaat. Berikut manfaat temulawak yang dirilis Liputan6.com.

1.  Menjaga Fungsi Hati

Kandungan yang ada di dalam temulawak dapat menghasilkan empedu di hati dan merangsang pengosongan kantong empedu.

2. Meringankan Radang Sendi

Di negara asalnya, India, temulawak telah ribuan tahun mengobati dan mencegah peradangan seperti radang sendi.

3. Menurunkan Kolesterol

Ekstrak dalam temulawak dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, temulawak juga berperan dalam menurunkan lemak darah yang baik untuk kesehatan jantung.

Baca juga: Tips Sarapan Sehat Ala Sandiaga Uno

4. Melawan Kanker

Kandungan kurkumin dalam temulawak dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Temulawak pun memiliki potensi untuk mencegah perkembangan kanker hormon lainnya.

5. Meringankan Asma

Ajaibnya rempah ini bisa digunakan untuk meringankan gejala asma. Anda cukup menyiapkan temulawak, cuci bersih, kupas, lalu diiris. Rebus dengan lima gelas air dan campur dengan gula aren. Rebus hingga air tinggal setengah dan minum tiga kali sehari.

6. Perawatan Sakit Ginjal

Temulawak bisa dijadikan obat untuk gejala batu ginjal. Anda cukup cuci dan kupas temulawak. Lalu, rebus empat gelas air dan jahe dengan segenggam kumis kucing dan daun mineran. Rebus hingga air tinggal setengah dan minum tiga kali sehari.

Selain memiliki manfaat, temulawak juga bisa menyebabkan efek samping. Secara umum, temulawak aman jika digunakan sebagai obat dalam waktu singkat yaitu hingga maksimal sekitar 18 minggu.

Namun, jika digunakan atau dikonsumsi lebih dari itu, bahan alami ini juga bisa menyebabkan berbagai efek samping terutama iritasi perut dan mual.

Untuk itu, Anda juga perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi temulawak sebagai obat. Pasalnya, meski berasal dari bahan alami, tidak menutup kemungkinan bahwa temulawak bisa memberikan efek negatif untuk tubuh.

Selain itu, untuk Anda yang memiliki penyakit hati dan masalah empedu sebaiknya jangan konsumsi bahan alami yang satu ini. Ini karena temulawak bisa meningkatkan produksi empedu yang akan memperburuk kondisi kesehatan Anda. Jika Anda memiliki batu empedu, berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi temulawak. (Wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id