Penataan Kota Lama Dikebut, Target Rampung Maret 2019

kota lama
Pengunjung melintasi salah satu sudut Kota Lama yang sudah rampung proses revitalisasinya meski belum sempurna, beberapa waktu lalu. | Foto: gus/joy
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Penataan kawasan Kota Lama, Kota Semarang, terus dikebut di akhir tahun 2018 ini. Mengingat target pembangunan yang semula di akhir 2018 sudah dikoreksi menjadi Maret 2019 mendatang.

Ketua Badan Pengelolaan Kawasan Kota Lama (BPK2L) Hevearita Gunaryanti Rahayu berharap warga, wisatawan dan pemilik bangunan yang ada di kawasan tersebut untuk bersabar.

“Ditargetkan bulan Maret 2019 pekerjaan utama bisa selesai, termasuk street furniture, jadi sisanya nanti tinggal finishing saja,” terangnya kepada JoSS.co.id di Semarang, Senin (24/12).

Menurutnya, tidak mudah melakukan revitalisasi infrastruktur di Kota Lama. Apalagi kawasan tersebut adalah area cagar budaya. Berbagai dinamika selama revitalisasi seperti ketika akan memasang batu andesit tapi lahan yang akan dipasangi batu malah digunakan untuk parkir. Selain itu musim hujan juga menjadi kendala.

“Untuk debu pasti akan kami minimalisir dengan melakukan penyiraman berkala, kami minta warga bersabar,” imbuh wakil walikota yang akrab disapa Ita ini.

Sementara, seiring dengan mundurnya target pembangunan, anggaran yang disediakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Rakyat ikut membengkak. Anggaran pembangunan yang semula hanya sekitar Rp 156 miliar, kini mencapai sekitar Rp 170 miliar.

Baca juga: Libur Akhir Tahun, Kereta Sleeper Diburu

Konsultan PT Brantas Abipraya Sonny Cahyo Bawono menyampaikan ada sejumlah permasalahan yang terjadi selama proses revitalisasi. Seperti perubahan desain hingga problem sosial dan lingkungan yang muncul. Karenanya wajar jika target penyelesaian menjadi mundur.

Ditambahkan, mulanya desain awal menggunakan paving biasa untuk jalan utama dan pedestrian. Pekerjaan itu sudah jadi di ujung Jalan Letjen Suprapto, tepatnya di sisi Hotel Aston serta komplek Susteran Gedangan.

Namun Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tidak berkenan karena dianggap kurang bagus untuk kawasan heritage ini. Desain diminta diganti menggunakan struktur batu andesit atau batu alam agar lebih mendukung program revitalisasi Kota Lama sehingga dapat segera diakui Unesco sebagai world heritage di tahun 2020.

“Desain diganti total sesuai permintaan Bapak Menteri PUPR. Total anggaran semula dari Rp 156 Miliar menjadi Rp 170 Miliar. Meski diminta langsung Bapak Menteri namun selanjutnya tidak mudah. Misalnya kami perlu ke BPK dan instansi lain sesuai peraturan perundang-undangan untuk bisa merealisasikan pekerjaan,” pungkas Sonny. (Gus/Joy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*