Purbalingga Gagas Pengembangan Wiasata Taman Bunga

taman bunga
Taman Bunga | Foto: limakaki.com
Mari berbagi

JoSS, PURBALINGGA – Para petani stroberi di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah menggagas pengembangan wisata taman bunga di daerahnya. Hal ini lantaran penanaman stroberi mulai terpuruk lantaran datangnya musim penghujan.

Seperti dilansir Kompas.com, salah satu petani stroberi Desa Serang, Ahmad Sutaryo mengatakan, tanah yang sebelumnya disewa untuk kebun stroberi kini tak ubahnya disulap layaknya taman bunga.

“Ini awal mulanya tanah sewa, tadinya ditanami stroberi, berhubung cuaca tidak mendukung kemudian beralih tanaman bunga,” kata Ahmad saat ditemui di kebunnya di sekitar rest area Lembah Asri Serang, Senin (5/11).

Sebenarnya masih ada kesempatan untuk menanam stroberi jika menggunakan green house yang memiliki nilai investasi mahal. Namun, jika stroberi tetap ditanam di lahan terbuka, maka buah yang dihasilkan tidaklah maksimal. “Kalau musim penghujan kayak gini bisa saja (tanam stroberi), tapi harus pakai green house biar hasilnya bagus, kalau lahan terbuka bagusnya pas musim kemarau saja,” jelasnya.

Oleh karena itu, ia berinisiatif menanami lahan sewaannya dengan beberapa jenis bunga meliputi bunga matahari (Helianthus annuus), bunga pagoda (Clerodendron paniculatum) dan bunga iriancis (New Guinea Impatiens).

Baca jugaNanti Malam, Guns N Roses Guncang GBK

Alasan Ahmad memilih bunga tersebut karena tidak mudah mati dan dapat tumbuh dengan baik di setiap musim.

Ahmad mengungkapkan, pengalihan kebun stroberi menjadi taman bunga yakni dalam rangka ikut menggeliatkan pariwisata di Desa Serang. Setidaknya ia turut serta bersama pemerintah Desa Serang dan Pemerintah Kabupaten Purbalingga mendukung program pariwisata.

Dari luas tanah kurang lebih 8.000 meter persegi yang ia sewa, beberapa diantaranya sudah ditumbuhi dengan bunga matahari. Sementar sebagian lagi masih dalam proses penyemaian bunga iriancis dan bunga pagoda.

Ia sendiri menargetkan akan membuka taman bunganya sebagai destinasi wisata pada tahun baru 2019 nanti. “Untuk target selesai dan dibuka bagi pengunjung pada tahun baru, jadi sekaligus menyambut libur tahun baru,” katanya.

“Di belakang nanti kita juga akan membuat gazebo-gazebo jadi pengunjung bisa duduk di sana sambil menikmati bunga yang ada,” kata Ahmad. Terkait pengunjung yang akan datang, ia belum menargetkan karena taman bunga miliknya masih dalam tahap rintisan.

“Harapannya mudah-mudahan ke depannya semakin banyak wisata di sini, apalagi taman bunga yang sudah mulai banyak berkembang di Desa Serang maka semakin banyak pengunjung yang datang ke sini,” pungkasnya. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*