Awas! Kelelawar Bawa Ancaman Penyakit Baru

Kelelawar
Kelelawar | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, NUSA DUA – Kelelawar memiliki potensi penyebaran penyakit yang belum pernah terdeteksi sebelumnya di Indonesia.

Hal itu dikatakan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Anung Sugihantono.

“Indonesia itu daerah migrasi burung, kemarin di dalam riset yang dilakukan oleh badan Litbang ternyata ada kelelawar yang sudah menjadi sumber penyakit tertentu yang sebelumnya tidak disebutkan di Indonesia pernah ada,” katanya saat ditemui di Bali Nusa Dua Convention Center, Senin (5/11) seperti dirilis Detik.com.

Anung menambahkan, meski ancaman penyakit tersebut masih terbatas pada hewan, namun ditakutkan akan menulari manusia jika tidak dilakukan upaya pencegahan.

“Ini masih di hewannya, tapi kita juga tau ada sebagian dari masyarakat kita yang konsumsi dengan berbagai alasan. Nah inilah yang harus kita antisipasi,” lanjutnya.

Meski penyakitnya sendiri belum terdeteksi secara pasti, tetap perlu dilakukan berbagai upaya dari lintas sektor bukan hanya dari Kementrian Kesehatan, namun juga dari kementerian terkait lainnya.

Baca juga: Kampung Mural di Salatiga Semula Kampung “Nakal”

“Kita cerita tentang sesuatu yang saling keterkaitan. Jadi tentu ada hal yang bisa menguatkan dari kapasitas negara itu sendiri,” tutupnya.

Di Kerala, India bagian Selatan, 10 orang dilaporkan meninggal dan 94 lainnya menjalani karantina akibat mewabahnya virus Nipah yang ditularkan oleh kalelawar buah itu.

Virus Nipah mungkin memang terdengar asing di telinga. Wajar saja, sebab penyakit ini tergolong langka dan baru ditemukan pada tahun 1998. Meski begitu, WHO memasukkan nama virus Nipah sebagai salah satu dari delapan penyakit berbahaya yang bisa menimbulkan wabah di tahun 2018.

Salah seorang korban meninggal adalah perawat Lini Puthussery yang terinfeksi setelah merawat sejumlah pasien virus Nipah. Keluarga harus rela Lini dikremasi sesaat setelah meninggal karena takut virus bisa menyebar.

Tenaga kesehatan menjadi kelompok paling rawan terinfeksi virus ini. U. V. Jose, kepala distrik Kozhikode, mengatakan sudah ada imbauan bagi tenaga kesehatan untuk lebih berhati-hati ketika menangani pasien Nipah.

“Para tenaga kesehatan yang melakukan kunjungan rumah sebaiknya tidak memakan makanan dan buah dari wilayah yang terdampak virus,” ujarnya. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*