Press "Enter" to skip to content

Perlu Kamu Tau, Kebanyakan Kopi Ternyata Bisa Begini

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Konsumsi kopi berlebih ternyata berisiko menganggu penyerapan kalsium yang menyebabkan tulang lebih rapuh.

Menanggapi hal ini, dokter ahli bedah saraf Wawan Mulyawan menyarankan tidak terlalu banyak mengonsumsi kopi. Konsumsi kopi setiap hari sebaiknya tidak lebih dari tiga single shot espresso. Satu shot setara 30 mililiter dengan kandungan kafein 120 hingga 170 miligram.

“Asal tidak berlebihan sebetulnya konsumsi kopi tidak menyebabkan tulang mudah keropos. Selain tidak terlalu banyak minum kopi, jangan lupa menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah osteoporosis,” kata dokter ahli bedah saraf dari RSU Bunda Jakarta Wawan Mulyawan seperti dilansir Detik.com.

Osteoporosis adalah gangguan degeneratif pada tulang yang terjadi akibat penuaan. Proses ini bisa dicegah dengan tidak merokok, olahraga, mengonsumsi cukup sayur dan buah setiap hari. Asupan bernutrisi lengkap dan seimbang mencukupi kebutuhan kalsium setiap hari.

Terkait jenis olahraga untuk mencegah osteoporosis sebaiknya dipilih yang bersifat weight-bearing. Olahraga ini memberikan beban pada tulang dan melatih kekuatan otot. Jenis olahraga ini adalah tenis, naik tangga, jogging, dan jalan kaki.

Baca jugaKlenteng Tay Kak Sie di Semarang Berusia 2,5 Abad

Beda lagi dengan pendapat yang satu ini.  Sering mengonsumsi kopi sering dianggap berlebihan dan dikaitkan dengan risiko patah tulang.

“Saya tidak khawatir. Tidak ada bukti peningkatan risiko patah tulang akibat konsumsi kopi,” ucap dr Robert R Recker, direktur pusat penelitian osteoporosis di Center at Creighton University, Omaha dikutip dari New York Times.

Mengutip hasil studi yang melibatkan lebih dari 61 ribu populasi wanita di Swedia, dr Recker mengatakan bahwa mengonsumsi empat gelas kopi atau lebih per hari hanya dikaitkan dengan sedikit pengurangan kepadatan tulang.

Namun, studi yang dilakukan selama 20 tahun ini menyebutkan bahwa hal ini tidak berkaitan dengan peningkatan patah tulang.

Sementara, studi yang diterbitkan di jurnal Food dan Chemical Toxicology menyimpulkan bahwa mengonsumsi sampai delapan gelas kopi dalam sehari juga tidak berkaitan dengan risiko patah tulang.

“Tidak berkaitan dengan risiko patah tulang terutama pada orang dewasa yang sehat dengan cukup kalsium,” kata dr Reckter.

Lantas, apakah mengonsumsi kopi dapat mengurangi kalsium dalam tubuh? “Memang benar. Orang yang meningkatkan konsumsi kafein, maka kalsium dalam urinnya juga meningkat,” imbuh Connie M Weaver, profesor gizi di Purdue University.

Namun, Weaver menjelaskan semakin banyak kalsium yang hilang saat buang air kecil, maka semakin banyak pula tubuh menyerap kalsium dari mana pun. (wiek/lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id