Pantai Krokoh, Menawan, Sunyi, Cocok Untuk Menyepi

Pantai Krokoh
Pantai Krokoh Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta | Foto: instagram pantai_krokoh_gunungkidul
Mari berbagi

JoSS, GUNUNGKIDUL – Pantai-pantai di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta memang sangat menawan. Itu wajar karena pantai-pantai di pesisir selatan Gunungkidul itu selain indah dengan pasir putihnya.

Sehingga tak heran kalau pantai-pantai itu selalu ramai pengunjung, terutama setiap akhir pekan. Namun tahukah Anda, bahwa pantai-pantai di Yogyakarta tidak selalu identik dengan keramaian saat akhir pekan. Masih ada pantai yang cukup sepi, bahkan di Hari Sabtu dan Minggu. Seperti dirilis Kompas.com, pantai itu bernama Krokoh.

Pantai Krokoh berada di Desa Songbayu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Krokoh juga merupakan pantai paling timur di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jarak Pantai Krokoh dari Kota Yogyakarta adalah sekitar 92 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam. Rute terbaik menuju Pantai Krokoh yang pertama adalah lewat jalan utama menuju Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri.

Perjalanan dilanjutkan menuju Kecamatan Paranggupito. Nantinya ikuti plang penunjuk arah menuju Pantai Sembukan. Kemudian dilanjutkan melalui jalan desa sehingga membutuhkan aplikasi penunjuk jalan seperti Google Maps.

Kondisi jalan desa yang harus dilalui tidak terlalu luas dan terbuat dari cor. Beberapa bagian ada yang sudah dicor halus, tetapi ada pula yang kondisi cornya sudah berlubang.

Setelah melaju sekitar 4,5 kilometer, perjalanan dengan kendaraan berakhir meski belum sampai kawasan pantai. Di sini kendaraan bisa diparkir di halaman rumah warga dan lanjut berjalan kaki sekitar 500 meter untuk sampai bibir Pantai Krokoh.

Hal itu karena akses jalan sampai ke bibir pantai belum bagus. Memang sempat ada perbaikan, tetapi masih belum maksimal. Kendaraan seperti sepeda motor masih rawan terperosok jika melaluinya.

Baca juga: Kinerja Perbankan Di Solo Tumbuh 10,6%

Menurut warga setempat, jalan menuju bibir Pantai Krokoh akan kembali diperbaiki tahun 2019. Targetnya setelah perbaikan usai, maka kendaraan bisa menjangkau bibir pantai dengan lebih mudah. Pantai yang sunyi di pojok tenggara Yogyakarta Ketika berjalan menuju bibir pantai, hanya terdengar suara langkah kaki dan embusan angin yang menerpa pepohonan.

Pantai ini berada di antara dua tebing yang menjulang tinggi dengan ciri khas pantai Gunungkidul, yakni berpasir putih. Suasanya pun masih begitu asri karena belum ada fasilitas yang dibangun di sekitar bibir pantai. Keindahan pasir putih dan jernihnya air laut langsung menyambut kedua mata ketika sampai di sini. Kesan pantai-pantai di Jogja yang ramai seakan sirna seketika. Krokoh seolah merupakan pantai pribadi.

Jika ingin menyepi dan mencari ketenangan, maka pantai ini adalah destinasi yang sempurna. Hanya ada suara ombak dan angin laut yang begitu mendamaikan hati. Kegiatan berkemah di Pantai Krokoh juga cukup digemari. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*