Jangan Begadang Kalau Tidak Ada Artinya

Begadang
Ilustrasi | Foto: bengaliviralnews.com
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Sebuah lagu yang dipopulerkan Rhoma Irama ‘Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya.’ memang sarat makna, baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani seseorang.

Ya, begadang memang menyenangkan. Tapi, awas..! Kegiatan yang satu ini bisa bikin buyar kegiatan pagi atau sore, terutama bagi pekerja kantoran. Karena kurang tidur sehingga mengurangi konsentrasi dan tubuh tidak fit.

Pelatih marathon Andri Yanto mengatakan bahwa tubuh memerlukan dua hari untuk pulih dari begadang. Maka dari itu, baik pekerja kantoran maupun tidak harus sadar bahwa tidur itu sangat penting, karena tidak ada aktivitas lain yang mampu menggantikan manfaat dan fungsi dari tidur yang sangat vital bagi perkembangan tubuh manusia.

“Kalau tidak terpaksa, janganlah begadang. Semuanya sebenarnya bisa kita atur, cuma seringnya kita kalau malam itu sibuk dengan gadget, sibuk dengan nonton televisi, gitu ya,” ujarnya belum lama ini seperti dikutip dari detikHealth.

Jika benar-benar terpaksa untuk begadang, Andri menyarankan untuk mengubah olahraga pagi menjadi sore, misalnya pada pukul 4 atau 5.

Olahraga bisa dilakukan dengan olahraga apa saja, selama 30-60 menit sudah cukup. Lakukan seminggu tiga kali untuk menjaga kebugaran dan kesehatan.

Baca juga: Alokasi Dana Untuk Pengadaan Lahan Bendungan Jlantah Capai Rp300 Miliar

Idealnya memang berolahraga pada pagi hari, lanjutnya. Karena secara biologis pagi hari adalah waktunya beraktivitas, sedangkan malam hari untuk beristirahat.

Jika memang tak mampu berolahraga di pagi maupun sore hari, buatlah keanggotaan di pusat kebugaran agar bisa menyempatkan berolahraga di siang hari saat waktu makan siang.

“Lebih baik daripada tidak ada aktivitas fisik. Cuma kan persoalannya kalau olahraganya terlalu larut, maka tidurnya terlalu larut juga. Sebenarnya ini cuma persoalan manajemen waktu. Saya melatih pelari tuh dari ibu rumah tangga sampai pemilik grup perusahaan, mereka punya waktu lho,” katanya.

Dan juga tiap orang memiliki kemampuan tubuh yang berbeda, sehingga jika ingin berolahraga maka lakukan secara bertahap. Andri menyebut kuncinya cuma dua sabar dan konsisten.

Andri mencontohkan dirinya. Sebelum jadi pelatih marathon, ia bukanlah seorang atlet namun justru berprofesi sebagai wartawan. Pertama kali ia berlari hanya mampu sejauh 150 meter. Namun dengan giat berlatih apalagi kecintaannya pada olahraga lari, kini ia mampu berlari hingga 15-20 km bahkan dalam seminggu ia mampu berlari hingga 40 km.

“Hanya untuk menjaga kebugaran saya, karena saya juga hobi. Pada awalnya pasti semuanya akan kesulitan. Tapi tergantung seberapa sabar dan konsistennya kita. Juara dunia lari begitu lahir juga tidak langsung jadi pelari. Jadi latihannya bertahap,” tuturnya. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*