Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

74.018

75.699

2%

Kasus Baru

1.671

1.681

1%

Update: 12 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Penting, Lakukan Ini Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga
Ilustrasi | Foto: bugaraga
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – Setelah berolahraga sering kali kita justru merasakan badan lemas dan mengantuk. Hal ini terjadi karena tubuh usai melakukan latihan yang menyebabkan otot tegang dan tubuh mengeluarkan banyak cairan.

Untuk menjaga agar tubuh tetap bugar usai berolahraga, cobalah lakukan beberapa tips yang bisa memperbaiki otot dan jaringan, merilekskan otot dan aliran darah, dan tentu saja memulihkan tubuh keesokan harinya:

1. Jus Ceri

Meminum jus ceri dikenal sebagai penambah antioksidan pada tubuh. Para ahli mengungkapkan bahwa meminumnya dapat mengurangi nyeri dan kelesuan pada otot usai rutinintas olahraga yang cukup intens.

2. Makan Pisang

Pisang mengandung potasium yang dapat membantu mencegah dehidrasi dan keram otot di pertengahan olahraga.

3. Pakai Foam Roller

Foam roller sedang diminati banyak pecinta kebugaran. Alat satu ini disinyalir mampu menghilangkan rasa tegang dan sakit di otot.

Meski agak sakit saat menggunakannya, namun ke depannya akan membuatmu terhindar dari cedera dan mengurangi rasa tegang keesokan harinya.

Memakai foam roller juga disebut meningkatkan kelenturan dan jarak gerak, memperbaiki ketidak seimbangan otot, meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko cedera. Utamakan ketiga titik ini saat memakainya: pinggang, bahu dan punggung bagian bawah.

Baca juga: Tahun Depan Pemerintah Blokir ‘Pasar Gelap’ Ponsel

4. Mandi Air Panas

Setelah 30 menit beristirahat, mandilah menggunakan air panas selama 20-30 detik lalu secepatnya ganti menjadi air dingin dengan durasi yang sama. Seberapa panas dan seberapa dinginnya, usahakan sesuai dengan yang mampu kamu terima, jangan berlebihan.

Menggunakan teknik seperti ini dapat mengurangi rasa tegang dan meningkatkan aliran darah. Pemikirannya adalah menciptakan ‘pompa’ eksternal pada darah dengan mendinginkan otot (mendorong darah keluar) dan lalu memanaskan otot (menarik darah kembali). Sehingga akan membawa darah segar dan nutrisi ke dalam otot untuk pemulihan yang lebih cepat.

5. Berendam di Air Garam

Sering mendengar bahwa merendam kaki di air hangat dan larutan garam dapat menyingkirkan rasa lelah? Benar, dan bisa kamu lakukan pada seluruh tubuhmu, lho. Rebecca Lee, seorang perawat di New York menyebut suhu panas saat mandi menarik keluar racun dari permukaan kulit, dan saat suhuh menurun, racunnya keluar terbawa air.

“Bersamaan dengan membawa racun dari tubuh, mandi dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri, meningkatkan sirkulasi dan dapat merilekskan baik pikiran dan tubuh. Selain garam, kamu bisa menggunakan soda, garam Epsom, garam laut atau garam Himalaya, cuka apel dan minyak esensial,” tambahnya seperti dikutip dari DetikHealth. (Wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*