Dua Bidang Lahan di Sisi Timur Flyover Manahan Bakal Digusur

flyover Manahan
Proses pengerjaan flyover Manahan Solo | Foto: google
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tengah menghitung besaran ganti rugi lahan yang berada di sisi timur jalan layang (flyover) Manahan yang bakal dibebaskan untuk mendukung akses lalulintas di kawasan tersebut.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan akses lalu lintas dari Jl. M.T. Haryono ke Jl. Sam Ratulangi terlalu kecil karena masih adanya dua bidang lahan yang berada di sisi timur jalan. Saat ini dua bidang lahan tersebut masih digunakan sebagai ruang usaha pemiliknya.

“Kami ingin jalannya diperluas lagi. Tentunya ada dua lahan yang harus dibebaskan,” kata Wali Kota yang akrab disapa Rudy ini, seperti dikutip dari Solopos belum lama ini.

Dia mengaku pihaknya akan melakukan negosiasi terkait tawaran pembebasan lahan kepada pemilik dalam waktu dekat. Namun Rudy tidak menyebut berapa angka yang akan disodorkan kepada pemilik lahan.

Pemkot menilai proses negosiasi akan berjalan mulus dan tidak ada kendala yang berarti. Hal ini melihat potensi lokasi tempat usaha tersebut yang dinilai sulit berkembang karena berada di bawah flyover Manahan.

Bahkan sebelum dibangun flyover Manahan lokasi itu juga dinilai bukan kawasan strategis. Kondisi ini kerap membuat usaha yang ada sulit bersaing dengan usaha lain yang sejenis.

“Sejak dulu di situ dibuka apa saja nggak payu. Lha lokasi pas enggok-enggokan [belokan]. Apalagi dulu ditutupi videotron,” katanya.

Baca juga: PLN Dukung Pasokan Listrik NYIA 5 Megawatt

Dia berharap pemilik lahan dapat kooperatif saat diminta untuk membebaskan lahan. Pembebasan itu dianggap sebagai pemenuhan kepentingan masyarakat umum.

Sehingga jika tidak ada titik temu antara pemkot dengan pemilik lahan, pemerintah dapat memaksa dengan dasar pembangunan untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas. Saat ini pembangunan flyover sudah mencapai 80 persen. Pemkot mulai menggarap hiasan mural pada dinding flyover.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Solo Endah Sitaresmi Suryandari mengatakan sesuai kontrak kerja, pembangunan flyover Manahan rampung pada November ini. “Bulan ini sudah selesai [pembangunan flyover], Januari lah baru bisa beroperasi,” kata Sita.

Namun, Pemkot berharap flyover Manahan beroperasi pada akhir tahun ini guna mengurai kepadatan lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru. Diprediksikan jumlah kendaraan yang melintas di Kota Bengawan meningkat selama libur Natal dan Tahun Baru tersebut.

Namun demikian operasional jalan layang Manahan menunggu penyelesaian sarana dan prasarana pendukung, seperti markah jalan, lampu penerangan jalan ,dan lain sebagainya. “Mudah-mudahan Natal bisa beroperasi, tapi amannya tetap Januari,” katanya.

Rencana tersebut juga didukung oleh anggota DPRD Solo. Ketua Komisi II DPRD Solo, Y.F. Sukasno, mengatakan pihaknya siap mendukung kebijakan Pemkot Solo yang berkaitan dengan segala aspek penunjang Flyover Manahan Solo. Menurutnya, pembebasan lahan adalah bagian dari perencanaan Pemkot untuk memudahkan masyarakat yang melintas

“Pada prinsipnya, segala kebutuhan nonteknis flyover akan disokong Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Solo,” ungkap politikus PDIP ini. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*