Press "Enter" to skip to content

Angelina Jolie Ajak Dunia Pulihkan Kota Mosul Irak

Mari berbagi

JoSS, MOSUL, IRAK – Bintang Holywood yang kini menjadi Utusan Khusus Badan Pengungsi PBB (UNHCR), Angelina Jolie, mengajak semua warga dunia ikut membantu memulihkan Kota Mosul Irak yang kini kondisinya porak-poranda akibat perang. Kota kedua di Irak yang pernah menjadi basis ISIS tersebut, kini sudah kembali ke tangan Pemerintah Irak namun kondisinya sangat memprihatinkan karena pemrintah kesulitan membangun kembali kota tersebut.

Jolie mendesak dunia internasional untuk tak melupakan warga Kota Mosul yang tengah kesulitan membangun kembali kota mereka usai dilanda perang. “Ini adalah kerusakan paling besar yang pernah saya saksikan selama bertahun-tahun bekerja dengan UNHCR. Orang-orang di sini telah kehilangan segalanya,” kata Jolie dalam pernyataan tertulis yang dirilis UNHCR, Minggu (17/6).

Kota Mosul berhasil dibebaskan Pasukan pemerintah Irak pada Juli 2017 dari kelompok bersenjata ISIS, yang menguasai kota di utara Irak itu selama tiga tahun dan menjadikannya sebagai salah satu basis mereka. Di sebagian besar wilayah, kehidupan normal sudah kembali berjalan. Pengungsi juga telah meninggalkan tempat penampungan dan kembali ke rumah mereka masing-masing.

Namun sebagian besar wilayah kota tersebut, khususnya kota tua di sisi barat Mosul, sudah hancur dan berubah menjadi puing-puing akibat peperangan. Warga yang telah kembali ke Mosul mencoba menata kembali kotanya, namun karena kerusakannya sangat parah, perlu ada dukungan dari semua warga dunia.

“Mereka sangat menderita. Mereka tidak punya obat-obatan bagi anak-anaknya, dan sebagian besar tidak memiliki akses terhadap air ataupun layanan dasar lainnya. Saya berharap akan ada komitmen jangka panjang untuk membangun ulang kota ini. Dan saya menyerukan komunitas internasional untuk tidak melupakan Mosul,” kata Jolie.

Setelah melihat langsung kondisi Kota Mosul, Jolie mengungkapkan banyaknya orang-orang yang kehilangan segalanya. Angelina Jolie juga menyebutkan masih banyak jenazah yang terkubur di bawah reruntuhan tersebut, tanpa bisa dievakuasi.

“Ada banyak jenazah dalam reruntuhan ini, yang tetap berada di sini. Dan kamu bisa mencium jenazah-jenazah itu,” tutur Angelina Jolie dengan wajah prihatin.

Karena itu, dia mengajak warga dunia untuk membantu memulihkan kondisi kota tersebut agar bisa kembali normal. Selain memulihkan kondisi fisik kota, juga diperlukan pemulihan psikologis bagi warganya. Kehilangan dan rasa trauma yang mereka alami begitu tak terbayangkan,” kata”nya.

Jolie telah bekerja bersama UNHCR sejak 2001 Dia telah mengunjungi para pengungsi di berbagai negara. Mulai dari Irak, Kamboja, dan Kenya. Menurut UNHCR, kunjungan kali ini adalah lawatan Angelina Jolie kelima ke Irak. (cnn/wid)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id